Rabu 24 Nov 2021 18:34 WIB

Apple Gugat Perusahaan Spyware Israel

NSO Group mengatakan alatnya dibuat untuk menargetkan teroris dan penjahat.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Fernan Rahadi
Logo Apple.
Foto: ANTARA
Logo Apple.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Apple menggugat perusahaan spyware Israel NSO Group dan perusahaan induknya karena diduga menargetkan pengguna iPhone dengan alat peretasan.

Perangkat lunak Pegasus NSO dapat menginfeksi perangkat iPhone dan Android, memungkinkan operator mengekstrak pesan, foto, dan email, merekam panggilan, dan secara diam-diam mengaktifkan mikrofon dan kamera.

NSO Group mengatakan alatnya dibuat untuk menargetkan teroris dan penjahat. Tapi itu diduga juga telah digunakan pada aktivis, politisi dan jurnalis. NSO Group mengatakan hanya memasok Pegasus ke militer, penegak hukum dan badan intelijen dari negara-negara dengan catatan hak asasi manusia yang baik.

Namun awal bulan ini, para pejabat AS menempatkan perusahaan itu dalam daftar hitam perdagangan, dengan mengatakan perangkat lunak tersebut telah memungkinkan pemerintah asing untuk melakukan represi transnasional, yang merupakan praktik pemerintah otoriter yang menargetkan para pembangkang, jurnalis, dan aktivis.

 

Tindakan dari Apple ini menyusul kritik dari perusahaan teknologi lain termasuk Microsoft, Meta Platforms (sebelumnya Facebook), pemilik Google Alphabet, dan Cisco Systems.

Dalam sebuah posting blog, Apple mengatakan ingin meminta NSO Group dan perusahaan induknya OSY Technologies bertanggung jawab atas pengawasan dan penargetan pengguna Apple.

"Untuk mencegah penyalahgunaan lebih lanjut dan membahayakan penggunanya, Apple juga mencari perintah permanen untuk melarang NSO Group menggunakan perangkat lunak, layanan, atau perangkat Apple," kata Apple, dilansir BBC, Rabu (24/11).

Dalam pengaduannya, yang diajukan di Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Utara California, Apple mengatakan alat NSO digunakan dalam upaya bersama pada tahun 2021 untuk menargetkan dan menyerang pelanggan Apple. "Warga AS telah diawasi oleh spyware NSO pada perangkat seluler yang dapat dan melakukan lintas batas internasional," kata Apple.

Apple menuduh bahwa grup NSO membuat lebih dari 100 kredensial pengguna ID Apple palsu untuk melakukan serangannya. Raksasa teknologi itu mengatakan bahwa servernya tidak diretas, tetapi NSO menyalahgunakan dan memanipulasi server untuk mengirimkan serangan ke pengguna Apple.

Apple juga menuduh bahwa NSO Group terlibat langsung dalam menyediakan layanan konsultasi untuk spyware, tetapi NSO menyatakan bahwa mereka hanya menjual alatnya kepada klien. Apple mengatakan pihaknya dipaksa untuk terlibat dalam perlombaan senjata terus-menerus dengan NSO, dengan mengatakan perusahaan Israel itu terus-menerus memperbarui malware dan eksploitasi mereka untuk mengatasi peningkatan keamanan Apple sendiri.

Pembuat iPhone mengatakan bahwa mereka akan menyumbangkan 10 juta dolar AS, serta kerusakan yang dipulihkan dalam gugatan, kepada kelompok riset pengawasan siber termasuk Citizen Lab, kelompok Universitas Toronto yang pertama kali menemukan serangan NSO.

NSO Group mengatakan sebagai tanggapan, bahwa ribuan nyawa diselamatkan di seluruh dunia berkat teknologi NSO Group yang digunakan oleh pelanggannya.

"Para pedofil dan teroris dapat dengan bebas beroperasi di tempat perlindungan teknologi, dan kami menyediakan alat yang sah kepada pemerintah untuk melawan [mereka]. Kelompok NSO akan terus mengadvokasi kebenaran," kata NSO Group. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement