Ketua Ombudsman Jadi Penguji Sidang Doktor Ilmu Hukum UMS

Rep: Binti Sholikah/ Red: Yusuf Assidiq

Kampus UMS.
Kampus UMS. | Foto: Yusuf Assidiq.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melalui Program Studi Doktor Ilmu Hukum kembali mempromosikan dua doktor baru dalam bidang ilmu hukum yakni Rio Saputra dan Rahmatullah Ayu Hasmiati. Ketua Ombudsman RI, Mokhammad Najih, menjadi salah satu penguji dalam sidang terbuka yang dilaksanakan pada Rabu (24/11) di Gedung Pascasarjana UMS dan secara daring melalui Zoom dan kanal Youtube.

Rio Saputra meraih gelar doktor Ilmu Hukum melalui disertasi berjudul "Profesionalisme Advokat dalam Penanganan Perkara Pidana Berbasis Transendental". Sedangkan kelulusan Rahmatullah Ayu Hasmiati tidak melalui sidang terbuka, melainkan publikasi jurnal internasional.

Rio Saputra merupakan seorang advokat di Kota Madiun dan dosen Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Disertasi Rio berfokus pada profesionalisme advokat dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai penegak hukum. Dia juga mengklasifikasi advokat menjadi tiga bagian yakni advokat formalitas, profesional, dan mulia.

Ia mengatakan, jika profesionalisme advokat berbasis transendental ini diterapkan oleh advokat dalam menjalankan tugas dan fungsinya, maka akan mengantarkan advokat mencapai tujuan dan kebehasilan profesinya.

Mokhammad Najih menyatakan, tema yang berkualitas dapat memberikan sumbangan bagi profesi advokat. "Sangat bermakna bagi perkembangan profesi advokat di Indonesia pada masa-masa yang akan datang," ujar Mokhammad Najih.

Dengan distertasi itu, Rio Saputra berhasil meraih gelar Doktor Ilmu Hukum dengan mengantongi nilai IPK 3,68 dan meraih predikat sangat memuaskan. Sedangkan Ayu meraih IPK 3,83 dan mendapatkan predikat dengan pujian (cumlaude).

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Balita Wakili Sang Ayah Saat Wisuda di UM Surabaya

Produktif Cetak Guru Besar, UMS Diapresiasi

Kejar WCU 2025, UMS Tingkatkan Mahasiswa dan Dosen Asing

Pertama Kali, UMS Kukuhkan Empat Guru Besar Sekaligus

FKIP UMS Perpanjang Kerja Sama dengan Khon Khaen University

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark