Mahasiswa Bagikan Ratusan Bibit Pohon di Tugu Pal Putih

Rep: My39/ Red: Fernan Rahadi

Peserta dari Aliansi Mahasiswa Nusantara menggelar aksi damai memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia di Tugu Pal Putih, Yogyakarta, Ahad (28/11). Selain aksi damai dengan membawa poster juga dibarengi aksi membagikan bibit pohon.
Peserta dari Aliansi Mahasiswa Nusantara menggelar aksi damai memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia di Tugu Pal Putih, Yogyakarta, Ahad (28/11). Selain aksi damai dengan membawa poster juga dibarengi aksi membagikan bibit pohon. "Climate Change Itu Nyata, Selamatkan Bumi" merupakan tema yang disematkan pada aksi ini. | Foto: Republika/Wihdan Hidayat

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Aliansi Mahasiswa Nusantara (AMN) menggelar aksi damai untuk memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia. Hal itu dilakukan dengan membagikan ratusan bibit pohon kepada pengguna jalan di daerah Tugu Pal Putih, Yogyakarta, Ahad (28/11). Aksi tersebut sebagai bentuk ajakan kepada masyarakat luas, khususnya Yogyakarta, untuk turut serta menjaga kelestarian alam. 

"Dalam hal ini, pohon merupakan simbol penghasil oksigen yang kita hirup dan penyerap karbon dioksida. Kebetulan hari ini adalah hari menanam pohon, jadi kami mengampanyekan ajakan untuk menanam pohon," ujar Ketua Aliansi Mahasiswa Nusantara, Altingia Arie, Ahad. 

Kegiatan yang diinisiasi oleh AMN ini didukung oleh Wanagama, hutan pendidikan yang dikelola oleh Fakultas Kehutanan UGM, dengan memberikan 200 bibit rambutan dan 100 bibit kaliandra. Selain itu, aksi ini juga didukung oleh Batalyon A Pelopor Gondowulung. 

"Hal ini untuk memberikan gambaran kepada masyarakat bahwa penyelamatan bumi itu bukan hanya tugas instansi saja, tetapi semua lini harus ikut bertanggung jawab," tuturnya.

Sementara itu, aksi tersebut dibungkus dengan konsep teaterikal yang mengenakan pakaian-pakaian adat dari Kalimantan, Papua, dan sebagainya. Hal itu sebagai sebuah bentuk simbol, saudara kita dari berbagai daerah tersebut mengajak masyarakat Yogyakarta untuk turut serta menyelamatkan alam dari perubahan iklim (climate change).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Solusi Zakat Tanam Sejuta Pohon Produktif

Pohon Trembesi Paling Kuat Serap Gas CO2

Hari Menanam Pohon Indonesia Usaha Hadapi Pemanasan Global

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark