GOR Satria Jadi Tempat Karantina Pemudik Jelang Libur Nataru

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq

Pemudik menjalani konseling bersama PMI saat karantina di GOR Satria Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.
Pemudik menjalani konseling bersama PMI saat karantina di GOR Satria Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu. | Foto: Wihdan Hidayat / Republika

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, kembali menyiapkan GOR Satria Purwokerto sebagai tempat karantina bagi pemudik Natal dan Tahun Baru. Langkah ini sebagai antisipasi munculnya gelombang baru Covid-19 di masa liburan tersebut.

"Di sini nanti sama seperti dulu, kita siapkan GOR Satria. GOR itu bisa sampai 1.500 (kapasitasnya)," ujar Bupati Banyumas Achmad Husein di Kantor Bupati, Purwokerto.

Sebelumnya GOR Satria sempat digunakan untuk mengakarantina pemudik pada saat Lebaran 2020 dan 2021. Di sana terdapat tiga gedung yang dapat digunakan, dengan kapasitas 1.500 orang.

Namun, bupati belum bisa menjelaskan mekanisme karantina yang akan dilaksanakan. "Nanti, pada Rabu akan saya rapatkan dengan Forkimpimda dulu. Setelah hasil rapat nanti akan ada detailnya," ujarnya.

Setelah itu, pemkab akan melakukan sosialisasi dulu kepada masyarakat mengenai karantina yang akan dikenakan kepada para pemudik. Pemkab juga akan mematuhi peraturan pemerintah pusat dalam membatasi pembukaan tempat wisata.

Adapun untuk penyekatan di perbatasan, juga baru dapat dipastikan usai rapat, setelah adanya kepastian anggaran. "Nanti setelah rapat ada keputusan, pastikan dulu dananya ada. Karena itu butuh dana besar, kita sesuaikan saja," ujar dia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Banyumas Juara 2 Indeks Daya Saing Daerah

Banyumas Siapkan Tempat Karantina Pemudik Jelang Nataru

Prestasi Layanan Publik, Banyumas Peroleh Insentif 5,24 M

Banyumas Belum Terapkan Aplikasi PeduliLindungi Secara Ketat

Vaksinasi Massal Banyumas Disiapkan 1.600 Dosis Vaksin

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark