Pembukaan Pendakian Semeru Masih dalam Pembahasan

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Fernan Rahadi

Warga melintas dengan latar Gunung Semeru di Desa Oro Oro Ombo, Lumajang, Jawa Timur (ilustrasi)
Warga melintas dengan latar Gunung Semeru di Desa Oro Oro Ombo, Lumajang, Jawa Timur (ilustrasi) | Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Jadwal pembukaan untuk pendakian Gunung Semeru belum diputuskan hingga kini. Pengelola masih harus membahas kebijakan ini lebih lanjut.

Kepala Sub Bagian Data, Evaluasi, Pelaporan dan Kehumasan Balai Besar Taman Nasional Bromo, Tengger dan Semeru (BB TNBTS), Sarif Hidayat tak menampik, pendakian Gunung Semeru memiliki minat khusus. Sebab itu, pihaknya akan segera menyiapkan dengan memeriksa sarana dan prasarana terlebih dahulu. Aspek pemesanan secara daring dan kesiapan jalur pendakian juga akan dipantau kembali. 

Menurut Sarif, pemeriksaan jalur pendakian penting dilakukan demi keamanan dan kenyamanan pengunjung. "Kemudian juga nanti akan kami koordiniasikan dengan BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) terkait iklim dan cuaca," ucap Sarif kepada wartawan di Kota Malang, Selasa (30/11).

Gunung Semeru termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo, Tengger dan Semeru (TNBTS). Secara administratif, gunung ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Malang dan Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur (Jatim). Karena memiliki ketinggian 3.676 mdpl, gunung berapi ini termasuk yang tertinggi di Pulau Jawa.

Berbeda dengan Gunung Semeru, kawasan Gunung Bromo justru telah dibuka sejak 4 November lalu. Meskipun demikian, jumlah pengunjung di seluruh site kawasan tersebut masih dibatasi. Hal ini karena Covid-19 masih mewabahi Indonesia sehingga aturan PPKM harus tetap dilaksanakan.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Program KSPN Bromo, Tengger dan Semeru Terus Ditinjau

Penutupan Wisata Bromo dan Pendakian Semeru Diperpanjang

Penutupan Wisata Gunung Bromo dan Semeru Diperpanjang

Wisata Gunung Bromo dan Pendakian Semeru Dibuka Kembali

Wisata Gunung Bromo dan Semeru Tutup Selama Libur Lebaran

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark