UMP Raih Peringkat 63 Bidang Kemahasiswaan Nasional

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Muhammad Fakhruddin

UMP Raih Peringkat 63 Bidang Kemahasiswaan Nasional. Kampus UMP.
UMP Raih Peringkat 63 Bidang Kemahasiswaan Nasional. Kampus UMP. | Foto: Dokumen.

REPUBLIKA.CO.ID,PURWOKERTO -- Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menduduki peringkat 63 klasterisasi bidang Kemahasiswaan Nasional Tahun 2021 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kepala Biro BKA UMP Efi Miftah Faridli SPd MPd mengatakan, prestasi ini akan terus ditingkatkan dan ditargetkan naik pada tahun depan.

"Alhamdulillah pada Sistem Informasi Manajemen dan Pemeringkatan Kemahasiswaan (SIMKATMAWA) tahun 2021 meningkat tajam diurutan 63 dari sebelumnya tahun 2019 urutan 119, 2020 urutan 221. Tahun depan kami menargetkan masuk 15 besar nasional,” kata Kepala Biro BKA UMP Efi Miftah Faridli SPd MPd, Rabu (8/12).

Menurut Efi, hasil tersebut merupakan prestasi seluruh mahasiswa UMP diberbagai kegiatan melalui komunitas kompetisi mahasiswa, UKM dan organisasi mahasiswa lainnya. Selain itu juga tidak lepas dari dukungan dosen pembimbing dan dosen pembida, serta dukungan pimpinan universitas dan fakultas.

Baca Juga

"Kami terus mendukung mahasiswa agar bisa aktif dan kreatif dalam prestasi di segala bidang dan tidak cepat berpuas diri," kata Efi.

Rektor UMP Dr Jebul Suroso mengatakan, kebijakan kampus menjadikan prestasi dan inovasi menjadi tradisi, baik mahasiswa mapun dosen terus didodrong dan didukung untuk berprestasi di berbagai bidang yang diminati.

''Ini memang menjadi kebijakan kampus. Kita memberi keleluasaan dan kesempatan yang luas bagi mahasiswa dan dosen untuk meraih prestasi di berbagai bidang yang diminati,'' jelasnya.

Bagi kalangan mahasiswa, berbagai prestasi telah berhasil dicapai. Melalui berbagai temuan dan inovasi yang dilakukan, berbagai produk teknologi tepat guna telah dihasilkan para mahasiswa.

Mulai dari inovasi membuat Robot SAR Pemadam Kebakaran, Permen Corona, pasta gigi pencegah karies dari lendir bekicot, aplikasi kehamilan Islami, dan berbagai inovasi lain.

Belum lagi prestasi-prestasi yang bersifat peminatan dan bakat, ada banyak yang sudah diraih mahasiswa UMP. Antara lain, meraih juara I dan II kejuaraan silat Tapak Suci tingkat dunia dan nasional, lolos dalam seleksi Mahasiswa Berprestasi Nasional, Juara 1 Lomba Karya Tulis Nasional, terpilih sebagai Duta Genre, juara I pekan Olah Raga PTM se Indonesia dan berbagai prestasi lainnya. 

 

Terkait


Ada Demo Buruh, Ini Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Monas

Buruh Jatim Tolak Penetapan UMK, Buruh Jabar Ancam Mogok

Resmi Diteken Ganjar, Ini Besaran UMP dan UMK Jateng 2022

Surat Anies ke Menaker Disebut tak Tepat, Ini Kata Wagub DKI

UMK 38 Daerah di Jatim Ditetapkan, Surabaya Masih Tertinggi

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark