Relawan Mapala Satria UMP Diberangkatkan ke Lumajang

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq

Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Universitas Muhammadiyah Purwokerto. | Foto: UMP

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, pada Sabtu (4/12) lalu telah menyebabkan puluhan warga meninggal, dan ribuan warga lainnya harus mengungsi karena tempat tinggal mereka hancur.

Merespons kejadian tersebut, Universitas Muhammadiyah Purwokero (UMP) Banyumas Jawa Tengah langsung mengirimkan relawan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mapala Satria ke Lumajang untuk membantu korban erupsi Gunung Semeru.

Wakil Rektor III UMP Bidang Kemahasiswan Akhmad Darmawan memberikan apresiasi dan dukungan kepada Mapala Satria UMP dalam misi kemanusiaan bencana alam erupsi Gunung Semeru.

"Ada empat anggota Mapala Satria UMP yang akan terlibat dalam operasi tanggap bencana atas erupsi Semeru. Kami doakan agar anak kami ini nanti sampai tujuan dan bisa membantu masyarakat sekitar dan dapat pulang dengan selamat," kata Akhmad, Kamis (9/12).

Lebih lanjut ia mengatakan, proyek kemanusiaan ini menjadi perhatian khusus Mapala Satria yang selalu terdepan dalam membantu masyarakat.

"Membantu masyarakat yang terdampak bencana merupakan aktivitas sangat positif. Kepedulian ini merupakan program yang sangat baik dari Mapala Satria UMP untuk terus mengabdi dan berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa," jelasnya.

Ketua UKM Mapala Satria UMP, Arif Zainudin Agus mengatakan, keberangkatan tim mapala dalam misi kemanusiaan ini adalah respons cepat Mapala dalam menindaklanjuti bencana alam erupsinya Gunung Semeru.

 

“Mapala Satria memberangkatkan empat personel untuk operasi penanganan gawat darurat, di mana delegasi Mapala Satria akan bergabung dengan SAR Mapala Muhammadiyah Indonesia. Kami berharap, berangkat sehat dan pulang sehat juga dan selamat sampai tujuan," kata Arif.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Pos Indonesia Peduli Bantu Korban Erupsi Semeru, Ini yang Diberikan

Pemkot Yogyakarta Kirim Bantuan untuk Warga Terdampak Semeru

Dua Helikopter TNI AL Disiagakan Bantu Tangani Erupsi Semeru

Kwarcab Banyumas Kirim Relawan ke Gunung Semeru

Jabar Salurkan Rp 2 Miliar untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark