Kafe Kontainer UMM, Tempat Nongkrong Ramah Lingkungan

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq

Kontainer Cafe UMM yang memberikan beberapa fasilitas dan banyak pilihan menu.
Kontainer Cafe UMM yang memberikan beberapa fasilitas dan banyak pilihan menu. | Foto: Humas UMM

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Malang dikenal memiliki banyak tempat nongkrong yang menarik untuk dikunjungi, baik untuk mengerjakan pekerjaan atau hanya menghabiskan akhir pekan. Tidak sedikit pula cafe di Malang yang menyediakan co-working space seperti Kontainer Café UMM yang berlokasi di dalam wilayah Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Tim set up, M Isnaini menjelaskan, kontainer café memiliki konsep ramah lingkungan dan hemat energi. Hal itu bisa dilihat dari pemanfaatan kontainer bekas sebagai kafe dan co-working space. "Sedangkan dari segi hemat energi, kafe ini memanfaatkan tenaga listrik dari Pembangkit Listrik Tenga Mikro Hidro (PLTMH)," kata Isnaini.

Pria disapa Krisna ini menjelaskan, café ini bertujuan untuk memfasilitasi mereka yang ingin fokus belajar, bekerja, diskusi, maupun hanya nongkrong. Apalagi dengan disediakannya co-working space. Meski begitu, masyarakat umum juga dapat menikmati layanan menarik tersebut.

Kontainer kafe ini telah siap beroperasi sejak 2019 tapi pandemi Covid-19 membuat operasinya tertunda.  Pada akhirnya, cafe ini bisa beroperasi tiga bulan terakhir pada 2021. Adapun kafe ini menjadi salah satu bagian dari My Dormy Hostel UMM. Kontainer Café juga memiliki menu yang beragam mulai dari kopi, teh, smooties, dan berbagai macam makanan.

Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) UMM ini mengatakan, dalam pelaksanaannya, kontainer café juga memberdayakan mahasiswa sebagai partimer dan pegawai. Menurut pengakuan Krisna, banyak mahasiwa yang berminat dan mendaftar untuk bekerja di kontainer café.

Alhamdulillah banyak mahasiswa yang berminat mendaftarkan diri. Ini menjadi salah satu upaya pemberdayaan di kafe ini,” ujarnya.

Dosen asal Lombok ini berharap co-working dan café ini bisa berkembang dengan lebih baik lagi. Menyediakan layanan yang menarik dan bermanfaat bagi pengunjung. Begitupun juga bisa menjadi tempat berkarya dan berkreasi.

Dengan model kafe edukasi ini, mahasiswa UMM tak perlu keluar kampus lagi untuk ngopi atau mengerjakan tugas. Begitupun dengan masyarakat yang bisa menikmati layanan menarik dari Kontainer Café.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


Dosen UMM Menangkan Kompetisi Film Antikorupsi Nasional

Mahasiswa PMM-UMM Membantu Pendidikan di TPQ Baitussalam Dusun Jetis, Desa Mulyoagung

UMM Kirim Tim Bantuan ke Lokasi Erupsi Lumajang

Dosen-Mahasiswa UMM Tulis Buku Kaji Pembelajaran Alternatif

UMM-Moodco Buka Kelas Profesional Kakao

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark