UMP Kirim Relawan Mapala Satria Bantu Korban Erupsi Semeru

Rep: Idealisa masyrafina/ Red: Erik Purnama Putra

Warga membawa perabotan rumah tangga yang bisa diselamatkan di rumahnya yang hancur akibat guguran awan panas saat erupsi Gunung Semeru di Dusun Curah Kobokan, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (9/12).
Warga membawa perabotan rumah tangga yang bisa diselamatkan di rumahnya yang hancur akibat guguran awan panas saat erupsi Gunung Semeru di Dusun Curah Kobokan, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (9/12). | Foto: Republika/Thoudy Badai

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur pada Sabtu (4/12) sekitar pukul 15.00 WIB, telah menyebabkan puluhan warga meninggal, dan ribuan warga lainnya harus mengungsi karena tempat tinggal mereka hancur. Mereka hingga kini masih menempati posko pengungsian sementara.

Merespon peristiwa tersebut, Universitas Muhammadiyah Purwokero (UMP) langsung mengirimkan relawan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mapala Satria ke Kabupaten Lumajang, untuk membantu korban korban erupsi Gunung Semeru. Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswan UMP, Akhmad Darmawan mengapresiasi dan mendukung Mapala Satria UMP yang membawa misi kemanusiaan untuk membantu korban bencana erupsi Semeru.

"Ada empat anggota Mapala Satria UMP yang terlibat dalam operasi tanggap bencana atas erupsi Gunung Semeru. Kami doakan agar anak kami ini nanti sampai tujuan dan bisa membantu masyarakat sekitar dan dapat pulang dengan selamat," kata Akhmad dalam rilis yang diterima Republika di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (9/12).

Dia mengatakan, pekerjaan kemanusiaan tersebut menjadi perhatian khusus Mapala Satria yang selalu terdepan dalam membantu masyarakat, khususnya yang terkena bencana. "Membantu masyarakat yang terdampak bencana merupakan aktifitas sangat positif. Kepedulian ini merupakan program yang sangat baik dari Mapala Satria UMP untuk terus mengabdi dan berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa," jelas Akhmad.

Baca Juga

Ketua UKM Mapala Satria UMP Arif Zainudin Agus, mengatakan, keberangkatan timnya dalam misi kemanusiaan adalah respon cepat mapala dalam menindaklanjuti bencana alam erupsinya Semeru. "Di mana delegasi Mapala Satria bergabung dengan SAR Mapala Muhammadiyah Indonesia. Kami berharap, berangkat sehat dan pulang sehat juga dan selamat sampai tujuan," kata Arif.

 

Terkait


Bupati Lumajang: Area Terdampak Letusan Semeru Bukan Tempat Wisata

Anak Yatim Korban Gempa Sulbar Bantu Korban Erupsi Semeru

PMI Kerahkan Personel Bersihkan Tempat Ibadah terdampak Erupsi Semeru

Pakar: Perlu Kombinasi Metode Pengamatan di Semeru

Bupati: Wilayah Terdampak Semeru Bukan untuk Tontonan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark