Sabtu 11 Dec 2021 21:36 WIB

Alun-alun di Sleman Ditutup pada Malam Tahun Baru

Setiap malam Tahun Baru, alun-alun selalu jadi magnet masyarakat berkumpul.

Kantor Pemkab Sleman.
Foto: Wahyu Suryana.
Kantor Pemkab Sleman.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kustini Sri Purnomo mengatakan, alun-alun yang ada di Sleman akan ditutup total untuk kegiatan masyarakat pada malam Tahun Baru 2022. Kebijakan ini untuk menindaklanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 66 Tahun 2021.

"Salah satu poin yang tertera dalam Inmendagri tersebut adalah menutup semua alun-alun pada 31 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022," kata Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo di Sleman, Sabtu (11/12).

Menurut dia, pihaknya akan mengikuti arahan Inmendagri dalam menghadapi momentum yang berpotensi menimbulkan kerumunan, harus mengedepankan prinsip kehati-hatian.

"Yang kami upayakan sampai saat ini kerangka besar dan jelas dalam upaya meniadakan kerumunan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19," katanya.

 

Ia mengatakan, selain dengan pembatasan orang di suatu tempat, tentu keberadaan tempat umum yang berpotensi keramaian juga harus diatur, seperti alun-alun. "Setiap malam Tahun Baru, alun-alun selalu jadi magnet untuk masyarakat berkumpul," ujarnya.

Kustini menegaskan, pihaknya akan menutup alun-alun sesuai dengan aturan yang ada. Langkah itu diambil agar tidak menjadi tempat berkumpulnya orang saat perayaan malam Tahun Baru 2022.

"Alun-alun Sleman di Denggung, Lapangan Pemda Sleman termasuk beberapa tempat yang berpotensi keramaian lainnya akan ditutup. Nanti akan diatur dalam Instruksi Bupati (Inbup) dan ada pantauan petugas gabungan untuk memastikan tidak ada kerumunan," kata dia.

Diungkapkan, penutupan hanya dilakukan satu malam saja yakni pada saat pergantian tahun. Meski begitu, tidak ada larangan bagi pedagang kaki lima di kawasan alun-alun Denggung Sleman untuk berjualan di lokasi tersebut.

"Ditutup hanya satu malam saja, karena hari-hari biasa tidak akan begitu ramai, kecuali saat malam Tahun Baru. Pedagang yang biasanya berjualan di selter food court tetap boleh buka," jelasnya.

Kustini menambahkan pihaknya juga mengimbau masyarakat menahan diri untuk tidak keluar rumah pada saat perayaan malam Tahun Baru.

"Kami imbau masyarakat tidak ke mana-mana saat malam Tahun Baru. Rayakan malam pergantian tahun bersama keluarga di rumah saja," kata Kustini.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement