Senin 13 Dec 2021 16:47 WIB

DIY Salurkan Rp 15,8 Miliar untuk Atlet PON XX dan Peparnas XVI

Total ada 132 atlet dan dan pelatih yang menerima dana tersebut.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Kepatihan Yogyakarta.
Foto: Yusuf Assidiq
Kepatihan Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemerintah Daerah (Pemda) DIY menyalurkan dana sebesar Rp 15,8 miliar untuk atlet berprestasi di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua. Dana yang disalurkan bersumber dari APBD DIY 2021.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Didik Wardaya mengatakan, pelatih juga mendapatkan penghargaan. Total ada 132 atlet dan dan pelatih yang menerima dana tersebut.

"Pemda DIY memberikan kepada para peraih medali baik atlet dan pelatih berupa uang pembinaan sesuai dengan prestasi yang ditorehkan oleh masing-masing atlet dan pelatih," kata Didik di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta, Senin (13/12).

Didik menjelaskan, DIY berada di peringkat 15 pada ajang PON XX dengan berhasil membawa 28 medali emas, 12 medali perak, dan 18 medali perunggu. Pada Peparnas XVI, DIY berada pada peringkat delapan dengan berhasil membawa 22 medali emas, 20 medali perak, dan 32 medali perunggu. "Untuk Peparnas XVI, (prestasi atlet DIY) melampaui target," ujar Didik.

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengungkapkan rasa bangga terhadap prestasi yang ditorehkan oleh atlet-atlet DIY. Ia juga mengapresiasi kepada atlet yang sudah berjuang dalam ajang PON XX dan Peparnas XVI.

"Menang memang menyenangkan tapi kekalahan juga pasti dialami. Yang terpenting kalau mengalami kekalahan harus selalu berusaha kalah yang terhormat," kata Sultan.

Dari prestasi yang sudah ditorehkan oleh atlet-atlet tersebut, Sultan menekankan agar tidak berpuas diri. Ia meminta kepada atlet untuk terus meningkatkan motivasi yang berujung pada peningkatan prestasi kedepannya.

"Seorang atlet untuk berpacu prestasi dalam pertandingan tergantung tinggi rendahnya motivasi. Seorang atlet harus rela berlatih setiap hari demi prestasi yang ingin dicapai, jangan ada bayangan pesimistis, hilangkan itu dari jiwa atlet," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement