Rabu 15 Dec 2021 14:29 WIB

Kampus Berkelanjutan Terbaik GreenMetrics, UGM Raih Peringkat Tiga

Pemeringkatan UI GreenMetrics ini didasarkan enam kriteria.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Kampus UGM.
Foto: Wahyu Suryana.
Kampus UGM.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta meraih posisi tiga Kampus Berkelanjutan Terbaik versi UI GreenMetrics 2021. Di versi internasional, UGM menempati posisi 33 dunia dari total 956 perguruan tinggi yang mengikuti pemeringkatan tersebut.

Pemeringkatan UI GreenMetrics ini didasarkan enam kriteria, yaitu penataan dan infrastruktur, energi dan perubahan iklim, limbah, air, transportasi, serta pendidikan dan penelitian. UGM belum beranjak dari pemeringkatan tahun lalu.

"Walaupun posisi ini sama dengan hasil pemeringkatan tahun lalu, namun tetap menjadi penyemangat agar UGM terus berbenah menjadi smart and green campus," kata Rektor UGM, Prof Panut Mulyono, Rabu (15/12).

Dengan total nilai 8.350, UGM memperoleh nilai 1.175 untuk kategori penataan dan infrastruktur, 1.600 untuk energi dan perubahan iklim, 1.350 untuk limbah, 900 untuk air, 1.525 untuk transportasi, dan 1.800 untuk pendidikan dan penelitian.

Panut merespons positif inisiatif UI GreenMetrics yang membuat pemeringkatan berdasarkan komitmen dan tindakan nyata perguruan tinggi. Terutama, atas berbagai kegiatan yang mendorong kelestarian dan kesehatan lingkungan. "UGM terus berbenah untuk menjadi yang terbaik," ujar Panut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement