Rabu 15 Dec 2021 15:50 WIB

Dinkes Banyumas Siapkan Vaksinasi Mobile di TPS Pilkades

Syarat untuk dapat mencoblos yakni warga harus sudah divaksinasi.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Warga antre vaksin di dekat bus yang didesain khusus untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 mobile.
Foto: ANTARA/Kornelis Kaha
Warga antre vaksin di dekat bus yang didesain khusus untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 mobile.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, melakukan jemput bola untuk vaksinasi Covid-19 selama Pilkades serentak, Rabu (15/12). Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, Sadiyanto mengatakan, tim vaksinator dengan mobil keliling (mobile) dikerahkan untuk menyasar para pemilih di 27 tempat pemungutan suara (TPS).

"Vaksinasi gratis disediakan di semua TPS," ujar Sadiyanto kepada Republika.co.id, Rabu (15/12). Menurut dia, vaksinasi gratis ini ditujukan untuk warga yang hendak mencoblos namun belum mendapatkan vaksinasi dosis 1 ataupun 2.

Adapun syarat untuk dapat mencoblos yakni warga harus sudah divaksinasi. Langkah jemput bola ini dilakukan untuk mempercepat cakupan vaksinasi Kabupaten Banyumas yang saat ini telah mencapai 75,2 persen dari total sasaran sebanyak 1.398.427 jiwa.

Kabid Pelayanan Dinkes Kabupaten Banyumas Arif Sugiono menambahkan vaksinasi gratis ini dilaksanakan dengan penyediaan vaksinasi mobile di setiap TPS. Selain puskesmas, tim vaksinator juga dibantu oleh rumah sakit dan klinik swasta. "Tim vaksinatornya berasal dari puskesmas, klinik, dan RS. Untuk vaksinnya sinovac," kata Arif.

Sementara itu, pilkades serentak Banyumas diadakan hari ini, Rabu (15/12). Untuk mengamankan jalannya pilkades, Polresta Banyumas menerjunkan 194 personel untuk melaksanakan pengamanan di 27 desa pada 14 kecamatan yang melaksanakan pilkades serentak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement