Malam Tahun Baru tak Ada Penutupan di Malioboro

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi

Barikade dipasang untuk penyekatan kawasan Titik Nol Yogyakarta, Selasa (29/12). Barikade dipasang di kawasan Titik Nol Yogyakarta untuk mengurangi keramaian saat libur tahun baru. Kawasan Titik Nol Yogyakarta, Tugu Pal Putih, dan Malioboro masih menjadi tujuan utama wisatawan saat berkunjung ke Yogyakarta.
Barikade dipasang untuk penyekatan kawasan Titik Nol Yogyakarta, Selasa (29/12). Barikade dipasang di kawasan Titik Nol Yogyakarta untuk mengurangi keramaian saat libur tahun baru. Kawasan Titik Nol Yogyakarta, Tugu Pal Putih, dan Malioboro masih menjadi tujuan utama wisatawan saat berkunjung ke Yogyakarta. | Foto: Wihdan Hidayat / Republika

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kawasan Malioboro tidak akan ditutup selama malam Tahun Baru 2022. Kepala Satpol PP DIY, Noviar Rahmad mengatakan, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi membeludaknya pengunjung yang masuk ke Jalan Malioboro.

Kawasan Malioboro sendiri saat ini selalu dilakukan penutupan bagi kendaraan pada pukul 18.00 WIB hingga 21.00 WIB. Namun, pada malam tahun baru tidak akan dilakukan penutupan, sehingga kendaraan dapat masuk ke Malioboro.

"Khusus malam Tahun Baru tidak ada penutupan, semua kendaraan lewat (tapi) tidak boleh diberhentikan untuk mengantisipasi membludaknya pengunjung yang masuk ke jalan," kata Noviar di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Rabu (15/12).

Pihaknya juga menempatkan personel di kawasan Malioboro selama libur Natal dan Tahun Baru. Jika terjadi kerumunan terutama saat malam tahun baru, kata Noviar, maka pihaknya akan melakukan pembubaran.

"Kami tempatkan personel (dari Pos Polisi) Tetek sampai ke Titik Nol untuk membubarkan jika terjadi kerumunan, bahkan sampai ke Alun-alun. Kalau ada pengunjung yang tidak jalan atau berkumpul (di Malioboro) kita bubarkan," ujar Noviar.

Terkait dengan adanya potensi membludaknya pengunjung di Titik Nol saat malam tahun baru, pihaknya akan melakukan pengawasan dengan ketat. Pasalnya, berkaca dari pengalam di tahun-tahun sebelumnya, kawasan Titik Nol selalu ramai saat malam tahun baru dan bahkan ada pengunjung yang menyalakan kembang api.

Selain itu, kata Noviar, petugas juga akan melakukan pengawasan jika ada masyarakat yang menyalakan kembang api di malam tahun baru di kawasan perumahan di sekitar Malioboro. Wi-fi publik yang ada di Malioboro juga dimatikan selama malam tahun baru untuk menghindari terjadinya kerumunan.

"Tahun kemarin kami sudah lakukan pengawasan tapi masih ada yang menyalakan kembang api di kompleks perumahan di belakang Malioboro. Nanti kita coba antisipasi untuk anak-anak yang menyalakan kembang api di malam tahun baru," jelasnya.

 

Terkait


Kearifan Lokal dalam Penataan PKL Malioboro

Malioboro dan Impian Jadi 'Orchard Road'

Penataan PKL Malioboro Dukung Sumbu Filosofi Daftar Unesco

Malioboro akan Seperti Orchard Road, Titik Parkir Disiapkan

Pemda DIY: Penataan PKL Kembalikan Bentuk Asli Malioboro

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark