Kamis 16 Dec 2021 13:56 WIB

Tiga Tempat Wisata yang Menarik Dikunjungi di Wagir Kabupaten Malang

Kecamatan ini berbatasan dengan Kota Malang sehingga tidak terlalu jauh dari stasiun.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Pemandangan Coban Glotak di Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang.
Foto: Republika/Wilda Fizriyani
Pemandangan Coban Glotak di Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Momen libur akhir tahun segera tiba. Teman-teman, apakah sudah mempunyai rencana wisata ke daerah tertentu? Jika belum, Republika.co.id memiliki tiga tempat yang harus dikunjungi saat berada di Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Seperti diketahui, Malang Raya dikenal memiliki banyak tempat wisata dan café menarik yang bisa dikunjungi. Dari berbagai tempat yang ada di Malang Raya, Republika mencoba menghadirkan tempat-tempat menarik di Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang.

Kecamatan ini berbatasan dengan Kota Malang sehingga tidak terlalu jauh dengan stasiun dan tempat penginapan yang biasanya mengambil di wilayah Kota Malang. Ketiga tempat wisata itu antara lain :

1.  Coban Glotak

Coban Glotak termasuk salah satu tempat wisata alam yang wajib dikunjungi di Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang. Air terjun yang memiliki ketinggi 100 meter ini berada di lereng Gunung Kawi. Lebih tepatnya di area hutan wilayah Dalisodo, Wagir, Kabupaten Malang.

Selain menghadirkan kesegaran air terjun, Coban Glotak juga menyajikan suasana hutan yang rimbun. Namun untuk bisa sampai ke coban, teman-teman harus berhadapan dengan akses jalan yang cukup menantang dari tempat parkir dan pembelian tiket.

Jalan tanah yang sempit dan berbelok-belok disertai pepohonan yang begitu dekat di atas kepala membuat segalanya menantang. Ditambah lagi, teman-teman juga akan menemukan turunan berair yang harus menggunakan tali tambang. Sebab itu, wisatawan sebaiknya tidak memakai sandal yang licin, ya!

Teman-teman harus menyusuri jalan menantang tersebut sekitar dua kilometer (km). Jarak tempat tersebut setidaknya bisa memakan waktu sekitar 30 menit. Untuk bisa memasuki tempat ini, wisatawan harus mengeluarkan biaya karcis sebesar Rp 4.000 per orang.

 

2.  Pondok Wisata Latar Ombo

Setelah menikmati Coban Glotak, wisatawan bisa mengunjungi Pondok Wisata Latar Ombo. Tempat ini berada Jalan Raya Krobyean Bar, Jurang Dowo, Jedong, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang. Jarak antara Pondok Wisata Latar Ombo dan Coban Glotak sekitar 7,3 km sehingga teman-teman yang kelelahan setelah mengarungi air terjun bisa mampir sejenak di tempat tersebut.

Pondok Wisata Latar Ombo menyajikan café di luar ruangan yang indah. Pasalnya, wisatawan akan diperlihatkan pemandangan alam yang asri di sekitar pondok. Ditambah lagi, dengan sajian makanan yang super lezat. Wisatawan yang mau menikmati hidangan enak di tempat ini, cukup datang sekitar pukul 10.00 sampai 18.00 WIB.

3.  Omah Ndeso

Tak jauh dari Pondok Wisata Latar Ombo, terdapat café bernuansa unik bernama Omah Ndeso. Jaraknya hanya sekitar 500 meter dari Pondok Wisata Latar Ombo. Café ini menyajikan tempat makan gazebo berbentuk segitiga sehingga cocok jadi spot foto.

Jika mengunjungi Omah Ndeso pada siang hari, terdapat fasilitas kolam renang sehingga cocok untuk wisata keluarga. Namun untuk bisa memasuki Omah Ndeso, wisatawan harus mengeluarkan biaya tiket masuk untuk parkir. Omah Ndeso buka mulai pukul 12.00 sampai 21.00 pada hari kerja sedangkan pada akhir pekan tutup hingga pukul 22.00 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement