Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di Sekolah DIY Terintegrasi BIAS

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq

Vaksinator menyuntikkan vaksin Covid-19 ke siswa Sekolah Dasar (SD) saat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun.
Vaksinator menyuntikkan vaksin Covid-19 ke siswa Sekolah Dasar (SD) saat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun. | Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemerintah Daerah (Pemda) DIY mulai melakukan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun pekan ini. Vaksinasi anak ini akan dilakukan di sekolah-sekolah.

"Program vaksin ini kenapa di sekolah, agar guru dan tendik serta orang tua bisa ikut bersama-sama. Rekan-rekan puskesmas dan dibantu guru serta tenaga pendidik di sekolah agar bisa melaksanakan vaksinasi ini," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY, Pembayun Setyaningastutie di kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Pembayun mengatakan, vaksinasi anak usia 6-11 tahun akan diintegrasikan dengan imunisasi rutin yang sudah dilakukan di sekolah, yakni Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).

"Imunisasi Covid-19 integrated dengan program imunisasi BIAS. BIAS kan wajib dan semua sekolah harus ikut program ini dan (vaksinasi Covid-19) bisa diintegrasikan," ujarnya.

Dengan diintegrasikan dengan BIAS, diharapkan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-12 dapat berjalan dengan lancar. Mengingat, usia 6-11 tahun ini merupakan pelajar di jenjang taman kanak-kanak (TK) dan sekolah dasar (SD).

Terlebih, kata Pembayun, pelaksanaan imunisasi BIAS sendiri di DIY sangat tinggi. Bahkan, cakupannya mencapai di atas 95 persen. "BIAS kita di atas 95 persen dan itu sangat baik, maka kita sepakat dengan kabupaten/kota (untuk menggelar vaksinasi yang terintegrasi dengan BIAS) lewat sekolah," jelas Pembayun.

Terkait dengan data anak usia 6-11 tahun yang akan divaksinasi di DIY, mencapai lebih 264 ribu anak berdasarkan data dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY. Namun, berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), kata Pembayun, anak usia 6-11 tahun yang disasar untuk vaksinasi mencapai 333 ribu anak.

Perbedaan data ini dikarenakan data yang ada di Kemenkes termasuk anak yang baru saja masuk usia 12 tahun. "Yang di bawah 12 tahun mungkin (saat ini) sudah tidak masuk kategori 11 tahun, tapi sudah masuk 12 tahun, makanya datanya berbeda," kata Pembayun.

Pihaknya juga menggelar kick off vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini pada Sabtu (18/12) nanti. Kick off dilakukan bersama dengan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta dengan menargetkan seribu anak usia 6-11 tahun yang akan divaksin sebagai langkah awal untuk mengawali pelaksanaan vaksinasi di DIY.

"Usia 6-11 tahun termasuk kelompok rentan dan harus mendapatkan perhatian kita semua, seperti halnya lansia. Vaksin Covid-19 (untuk anak usia 6-11 tahun) juga dua kali (dosis) dengan rentang 28 hari, kita pakai Sinovac," tambahnya.

 

Terkait


MCCC Siap Sukseskan Vaksinasi Anak

Vaksinasi Anak di Bandung Sasar 438 SD dan 31 MI

Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun di Taman Dewi Sartika Bandung

Dinkes DKI Layani Vaksinasi Anak Sesuai NIK atau Sekolah di Jakarta

Anak-Anak Putus Sekolah di Kota Bogor Juga Divaksinasi Covid-19

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark