Prodi Ekonomi UMY Raih Akreditasi Unggul

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Fakhruddin

Prodi Ekonomi UMY Raih Akreditasi Unggul. Kampus UMY.
Prodi Ekonomi UMY Raih Akreditasi Unggul. Kampus UMY. | Foto: Wahyu Suryana.

REPUBLIKA.CO.ID,BANTUL -- Program Studi Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) resmi peroleh akreditasi Unggul. Prodi Ekonomi UMY resmi terakreditasi Unggul sejak 15 Desember 2021-15 Desember 2026 mendatang.

Ini merupakan prodi ke-13 yang mendapatkan akreditasi Unggul dari 41 program studi UMY. Ketua Prodi Ekonomi UMY, Dr Endah Saptutyningsih menilai, peningkatan akreditasi ini karena tren meningkat selama tiga tahun dari jumlah mahasiswa.

Selain itu, lanjut Endah, jumlah mahasiswa asing yang belakangan ini terus mengalami peningkatan. Kemudian, banyaknya kerja sama bidang pendidikan, penelitian dan PKM turut mendorong poin akreditasi unggul dari Program Studi Ekonomi FEB UMY.

"Tridharma perguruan tinggi yang dilakukan Prodi Ekonomi dinilai telah memenuhi kriteria SN Dikti. Pengelolaan keuangan yang baik di level universitas, fakultas dan prodi mendukung pelaksanaan kegiatan yang diselenggarakan Prodi Ekonomi," kata Endah.

Baca Juga

Endah menekankan, banyaknya prestasi mahasiswa baik dari tingkat nasional maupun tingkat internasional turut mempengaruhi penilaian akreditasi Prodi Ekonomi FEB UMY dari A menjadi Unggul. Serta, kesesuaian bidang kerja alumni Prodi Ekonomi.

Untuk mempertahankan akreditasi Unggul ini, Prodi Ekonomi UMY terus berusaha meningkatkan prestasi mahasiswa. Kemampuan Bahasa Inggris untuk alumni, kerja sama perguruan tinggi luar negeri, serta publikasi dan sitasi internasional.

"Usaha lain yang akan dilakukan antara lain kerja sama dengan mitra UMY melalui pertukaran pelajar dan summer school hingga kerja sama publikasi internasional," ujar Endah melalui rilis yang diterima Republika, Jumat (17/12).

Target selanjutnya, Prodi Ekonomi UMY akan mengajukan akreditasi internasional. Salah satunya akreditasi Foundation For International Business Administration Accreditation (FIBAA) yang dibarengi upaya-upaya perbaikan indikator penilaian.

"Diharap dapat mempermudah dalam persiapan mengajukan akreditasi internasional," kata Endah. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Film Pendek "Piknik Panik" dan "Subuh" Raih Penghargaan

Kampus UMY Telah Miliki Bangladesh Corner

Peringkat Nasional Simkatmawa 2021, UMY Masuk 10 Besar

Dinkes DIY Gandeng UMY Wujudkan Kampus Sehat

Rektor: Pandemi Bukan Penghalang Mahasiswa UMY Berprestasi

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark