Survei Populi Center: Ganjar Lebih Didukung Jadi Capres Dibanding Puan

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Bayu Hermawan

Survei Populi Center ungkap Ganjar Pranowo paling mendapat dukungan untuk jadi Capres. (foto: ilustrasi)
Survei Populi Center ungkap Ganjar Pranowo paling mendapat dukungan untuk jadi Capres. (foto: ilustrasi) | Foto: ANTARA/Irfan Anshori

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo masuk dalam lima tokoh besar berdasarkan hasil survei Populi Center terkait potensi dukungan sebagai Calon Presiden (Capres) 2024. Ganjar mendapatkan hasil tertinggi yaitu sebesar 58,3 persen.

"Saat ini Ganjar Pranowo mendapatkan paling banyak dukungan. Hasil survei hanya menunjukkan mengenai potensi tingkat dukungan pada saat ini dan bukan tingkat elektabilitas dari kelima tokoh tersebut," kata Peneliti Populi Center, Nurul Fatin Afifah  secara daring, Senin (20/12).

Kemudian, ia melanjutkan dari lima nama tokoh yang disebutkan secara terpisah, dukungan pemilih yang menyatakan akan memilih apabila figur Ganjar Pranowo maju sebagai Presiden adalah sebesar 58,3 persen dan pemilih yang menyatakan tidak akan memilihnya sebesar 29,1 persen.

Untuk figur Anies Baswedan sebesar 47,3 persen pemilih menyatakan akan memilih dan sebesar 41,4 persen tidak memilih. Untuk figur Prabowo Subianto sebesar 46,6 persen pemilih menyatakan akan memilih dan sebesar 44,1 persen menyatakan tidak akan memilih. 

Baca Juga

Pada figur Erick Thohir sebesar 27,5 persen pemilih menyatakan akan memilih sedangkan sebesar 55,8 persen menyatakan tidak akan memilih. Adapun pada figur Puan Maharani sebesar 17,5 persen pemilih menyatakan akan memilih, sedangkan sebesar 71 persen menyatakan tidak memilih. 

Diketahui, survei ini dilakukan secara nasional mulai tanggal 1 hingga 9 Desember 2021 yang tersebar secara proporsional di 34 provinsi di Indonesia. Tujuan dari survei ini adalah untuk mengetahui persepsi masyarakat tentang penanganan Covid-19, evaluasi pelayanan publik di masa pandemi dan perkembangan politik nasional yang meliputi elektabilitas calon presiden 2024 dan elektabilitas partai politik.

Survei dilakukan melalui wawancara telepon terhadap sampel pemilik telepon. Responden dipilih secara acak dari populasi pemilih yakni penduduk berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dari basis data populasi survei Populi Center sejak tahun 2013-2021. 

Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode acak sederhana (simple random sampling) dari kerangka sampling yang dimiliki Populi Center. Pengacakan responden dilakukan pada tingkat provinsi. Adapun Margin of error pada survei ini sebesar ±2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan dengan menggunakan pendanaan internal.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Puan: Pengungsi Letusan Semeru Perlu Dapat Perhatian Maksimal

Sandiaga Uno: Saya Fokus Sebagai Menparekraf

KedaiKOPI: Elektabilitas Pasangan Anies-Ganjar 62,0 Persen

Nitilaku UGM, Kagama Lari Serahkan Bantuan Semeru Rp 428 Juta

Gerindra Dibingungkan Elektabilitas Dua Kadernya

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark