Unesa Luncurkan Sepeda Motor Elektrik bagi Disabilitas

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Muhammad Fakhruddin

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) meluncurkan sepeda motor elektrik bagi disabilitas. Depeda motor elektrik yang diluncurkan diberi nama Motor Elektrik Disabilitas Unesa Kece
Universitas Negeri Surabaya (Unesa) meluncurkan sepeda motor elektrik bagi disabilitas. Depeda motor elektrik yang diluncurkan diberi nama Motor Elektrik Disabilitas Unesa Kece | Foto: Republika/Dadang Kurnia

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Universitas Negeri Surabaya (Unesa) meluncurkan sepeda motor elektrik bagi disabilitas. Depeda motor elektrik yang diluncurkan diberi nama Motor Elektrik Disabilitas Unesa Kece. Rektor Unesa Nurhasan menyampaikan, diluncurkannya sepeda motor elektrik besutan dosen mahasiswa fakultas teknik ini merupakan kado indah pada peringatan Dies Natalis ke-57 Unesa.

Nurhasan menyatakan, Unesa bakal bekerja sama dengan pihak lainnya untuk terus mengembangkan inovasi tersebut. Kerja sama juga diakuinya bakal dijalin dengan dunia industri. Sehingga nantinya produk tersebut dapat diproduksi dalam skala besar dan dipasarkan bagi masyarakat.

"Tim juga akan bekerja sama dengan industri dan beberapa pihak lainnya untuk dapat menyempurnakan tahap selanjutnya dari pembuatan sepeda motor elektrik bagi disabilitas ini," kata Nurhasan, Rabu (22/12).

Nurhasan menambahkan, Motor Elektrik Disabilitas Unesa Kece yang diluncurkan memiliki beberapa keunggulan dari produk lainnya. Antara lain adalah recycle energy yang menjadi Novelty dapat mengisi ulang baterai sehingga jangkauan dan waktu tempuh lebih lama dibandingkan dengan produk yang sama.

Baca Juga

Selain itu, lanjut Nurhasan, sepeda motor elektrik yang diluncurkan juga menggunakan porseneleng (swict control), sehingga bisa membatasi kecepatan. Kendaraan tersebut juga memakai gigi dan rantai dalam menggerakkan roda, sehingga menghindari slip. Sementara produk yang lain, kata dia  masih menggunakan karet.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Unesa Juarai Kontes Mobil Hemat Energi 2021

Unesa Tuan Rumah Kontes Mobil Hemat Energi 2021

Sastrawan Budi Darma Tutup Usia

Unesa Tutup Sementara Cegah Covid-19

Mantan Napiter Jihadis ISIS Kunjungi Unesa, Ada Apa?

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark