Rabu 22 Dec 2021 12:41 WIB

Apple akan Rilis Kamera 48 Megapiksel iPhone Tahun Depan?

Ming Chi Kuo memperkirakan iPhone 14 Pro akan didukung dengan kamera utama 48 MP.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Ponsel iPhone / Ilustrasi
Foto: Flickr
Ponsel iPhone / Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Apple akhirnya siap memasuki perang kamera megapiksel smartphone. Ini dimulai pada awal tahun depan dengan seri iPhone 14.

Sesuai catatan penelitian dari analis TFI Securities Ming-Chi Kuo yan memiliki rekam jejak prediksi terkait Apple. Dia memperkirakan, iPhone 14 Pro akan didukung dengan kamera utama 48 megapiksel.

Baca Juga

Sejauh ini, Apple mengandalkan sensor 12 megapiksel pada iPhone. Walaupun menghadirkan fitur susunan tiga kamera, fitur sensor 12 megapiksel terus berlanjut. Misal, iPhone 13 Pro yang memiliki sensor 12 megapiksel untuk kamera utama, ultra lebar, dan telefoto.

Namun, lompatan besar dari kamera 12 megapiksel ke 48 megapiksel bukan satu-satunya peningkatan yang dimiliki Apple untuk duo iPhone 14 Pro. Kuo menyebutkan iPhone 14 Pro juga akan dapat merekam video High Dynamic Range (HDR) 8K. Sebagai perbandingan, kamera 12 megapiksel pada duo iPhone 13 Pro hanya dapat melakukan video HDR 4K dengan keajaiban Dolby Vision hingga kecepatan bingkai 60fps. Dengan kamera yang lebih besar, ada trik yang lebih baik lagi.

Kuo juga memperkirakan pasangan iPhone 14 Pro akan menawarkan mode khusus 48 megapiksel untuk mengambil foto dalam semua kemegahan pikselnya menggunakan sensor baru. Namun, kemungkinan besar kamera akan menghasilkan foto 12 megapiksel secara default, melakukan binning piksel 4-in-1.

Singkatnya, sensor akan menggabungkan empat piksel yang berdekatan menjadi satu piksel super yang lebih besar yang dapat mengumpulkan lebih banyak informasi cahaya untuk menghasilkan bidikan yang lebih cerah dan lebih seimbang. Foto 12 megapiksel akan lebih sedikit membebani penyimpanan internal daripada kumpulan besar foto dengan 48 megapiksel.

Dilansir Digital Trends, Rabu (22/12), saingan Apple seperti Samsung telah menuai manfaat dari sensor kamera 108 megapiksel seperti Galaxy S21 Ultra dan 2022 akan melihat debut ponsel yang mengguncang kamera 200 megapiksel yang sangat besar. Namun, ukuran megapiksel yang lebih tinggi tidak selalu menghasilkan foto yang baik. Ini terbukti dari hasil foto Apple tahun ke tahun.

Meskipun mengemas kamera 12 megapiksel, duo iPhone 13 Pro adalah salah satu ponsel terbaik dalam pengambilan foto dan video. Mengingat rekam jejak Apple, peningkatan ke kamera 48 megapiksel kemungkinan akan membawa lompatan besar dalam output pencitraan iPhone.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement