Peringati Hari Ibu, Danone Indonesia Dukung Peran Ibu Bentuk Generasi Sehat 

Red: Fernan Rahadi

Peringatan Hari Ibu di Yogyakarta yang digelar Danone Indonesia secara daring, Rabu (22/12). Turut hadir sebagai narasumber yakni VP General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto, Sustainable Development Director Danone Indonesia, Karyanto Wibowo, Penghageng KHP Nitya Budaya Keraton Yogyakarta, GKR Bendoro, dan Kepala UPT Pengelolaan Taman Budaya, Retno Yuliani.
Peringatan Hari Ibu di Yogyakarta yang digelar Danone Indonesia secara daring, Rabu (22/12). Turut hadir sebagai narasumber yakni VP General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto, Sustainable Development Director Danone Indonesia, Karyanto Wibowo, Penghageng KHP Nitya Budaya Keraton Yogyakarta, GKR Bendoro, dan Kepala UPT Pengelolaan Taman Budaya, Retno Yuliani. | Foto: dokpri

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Hari Ibu adalah momen untuk memuliakan peran ibu dalam keluarga, serta menjadi wujud penghargaan terhadap perjuangan para perempuan di Indonesia. Memperingati Hari Ibu yang jatuh hari ini, Rabu (22/12), Danone Indonesia menggelar peringatan Hari Ibu di Yogyakarta yang dihadiri oleh GKR Bendoro, Penghageng KHP Nitya Budaya Keraton Yogyakarta, Vice President General Secretary, Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto dan Kepala UPT Pengelolaan Taman Budaya DIY, Retno Yuliani.

Kegiatan ini berupa aktivitas edukasi gizi dan nutrisi hingga aktivitas mewarnai bersama anak anak yang dilaksanakan secara daring dan luring bertempat di Taman Pintar Yogyakarta. GKR Bendoro, Penghageng KHP Nitya Budaya Keraton Yogyakarta mengatakan bahwa Hari Ibu adalah pengingat peran ibu dan calon ibu sebagai wanita tangguh. 

"Seorang Ibu bukan hanya sebagai konco wingking, bila suami adalah Kepala Keluarga, maka ibu ibarat leher yang mendukung suami untuk mengarahkan keluarga ke arah yang lebih baik. Seorang ibu adalah ahli nutrisi sekaligus guru, yang memprioritaskan kebutuhan keluarga termasuk gizi dan nutrisi anak sebagai generasi penerus masa depan," kata GKR Bendoro dalam siaran pers, Rabu (22/12). 

Sementara itu Kepala UPT Pengelolaan Taman Budaya DIY, Retno Yuliani menjelaskan apresiasi patut diberikan kepada Danone Indonesia karena telah memperkaya konten edukasi di Taman Pintar melalui wahana pengetahuan tentang air, gizi nutrisi, dan Kesehatan. 

"Taman Pintar menjadi titik tujuan wisata keluarga, dan efektif untuk menyampaikan pengetahuan tentang gizi dan nutrisi. Kami optimis meski dengan pembatasan di era pandemi ini, kami bisa tetap mengambil peran dalam upaya pencegahan stunting," kata Retno.

Vice President General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto menyatakan bahwa sebagai perusahaan yang berkomitmen membawa kesehatan melalui makanan dan minuman yang sehat ke sebanyak mungkin orang dengan misi Danone "One Planet One Health", Danone Indonesia terus berkomitmen mendukung kesehatan anak-anak Indonesia. Peran Ibu sebagai penggerak keluarga untuk membentuk generasi mendatang yang berkarakter. 

"Bertepatan dengan Hari Ibu, kami memuliakan peran ibu. Kami mendukung peran ibu dengan menghadirkan produk bernutrisi dan program edukasi yang berkelanjutan di tengah keluarga Indonesia," ujar Vera. 

"Tentunya kami tidak bisa melakukannya sendiri, kami mendorong kolaborasi multipihak untuk pemenuhan gizi, kebersihan lingkungan dan kesehatan generasi mendatang. Sehingga seorang ibu saling mendukung dengan suami untuk bisa memastikan anaknya tidak tertinggal dan mampu bersaing dimasa mendatang, supaya Indonesia bisa maju dan lebih baik ke depan," kata Vera menambahkan.

Salah satu program dalam upaya cegah stunting adalah Program “Isi Piringku” yang dikembangkan Danone Indonesia bersama Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB sejak 2017, sebagai panduan edukasi gizi yang dapat digunakan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)/ 4-6 tahun. Tercatat antara tahun 2017-2020 konten Edikasi Gizi tersebut telah menjangkau 74.355 anak dan 6.299 guru di 2.707 PAUD yang berlokasi di 22 Kabupaten/Kota di 8 provinsi. Sedangkan pada 2021 ini, Program Isi Piringku telah menjangkau 49.982 Anak, 3.941 guru di 2.269 PAUD/TK sebagai penerima manfaat.

Di Yogyakarta, Danone Indonesia bekerja sama dengan Taman Pintar sejak 2006 untuk mendukung edukasi Kesehatan Planet dan Kesehatan Manusia berupa sarana pendidikan untuk anak usia dini. Melalui Danone AQUA dan Sarihusada, berbagai fasilitas yang didukung Danone Indonesia berupa  dua PAUD di Taman Pintar, PAUD Barat dan PAUD Timur hingga berbagai wahana interaktif seperti Taman Air Menari untuk mengasah aktivitas anak, Wahana Jejak Nutrisi untuk mengasah 5 potensi prestasi anak generasi maju, Zona Kebaikan Air untuk edukasi kebaikan air maupun pentingnya hidrasi hingga pendampingan kurikulum edukasi nutrisi di PAUD. 

 

Terkait


Doa untuk Orang Tua, ini Lafaznya

Iriana Jokowi: Hari Ibu Momentum Kaum Perempuan Bangun Kesetaraan

Alasan Durhaka kepada Orang Tua Disandingkan dengan Bahaya Syirik

Makna Hari Ibu Bagi Musisi Hingga Ibu Negara

Hari Ibu, PosAja Gelar Program Menulis Surat untuk Ibu

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark