Boyolali Tetap Buka Objek Wisata Libur Natal dan Tahun Baru

Red: Muhammad Fakhruddin

Boyolali Tetap Buka Objek Wisata Libur Natal dan Tahun Baru (ilustrasi).
Boyolali Tetap Buka Objek Wisata Libur Natal dan Tahun Baru (ilustrasi). | Foto: Antara/Aloysius Jarot Nugroho

REPUBLIKA.CO.ID,BOYOLALI -- Pemerintah Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah tetap membuka objek wisata dengan pembatasan pengunjung dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat pada libur Natal dan Tahun Baru 2022.

"Objek wisata tetap dibuka sesuai instruksi Mendagri No.78/2021 dan ditindaklanjuti Surat Edaran (SE) Bupati Boyolali, terkait pengunjung objek wisata dibatasi sekitar 75 persen dari kapasitas ruangan," kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Boyolali Supana di Boyolali, Kamis (23/12).

Namun, pihaknya berkolaborasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya di Boyolali, termasuk dari Satpol PP, Polres dan Dishubyang akan melakukan pengamanan di objek-objek wisata untuk memastikan masyarakat tetap melaksanakan prokesdan menghindari kerumunan.

"Kami sudah menindaklanjuti Instruksi Mendagri dan SE Bupati Boyolali, dengan membuat SE Disporapar kepada pengelola objek wisata di Boyolali terkait objek wisata tetap dibuka dengan Prokes ketat," katanya.

Baca Juga

Dalam SE Disporapar tersebut, ia memaparkan para pengelola objek wisata harus melakukan pengetatan aturan prokes dengan 5 M yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan kurangi mobilitas.

"Kedua penerapan aplikasi Peduli Lindungi di semua objek wisata, melarang mengadakan pesta yang berpotensi kerumunan, melarang menghidupkan pengeras suara yang berpotensi untuk kerumunan, dan membatasi jumlah pengunjung sesuai SE Bupati Boyolali yang baru," katanya.

Selain itu, untuk menindaklanjuti penerapan SE Bupati Boyolali, telah dibentuk tim monitoring Disporaparsebanyak empat tim. Tim ini akan melakukan monitoring ke objek-objek wisata vital di Boyolaliuntuk memberikan edukasi kepada pengelola agar tidak ada lonjakan COVID-19.

"Berdasarkan Rakorpimda Kabupaten Boyolali, yang dipimpin langsung oleh Bupati Boyolali M Said Hidayat, dinas terkait akan melakukan gerakan yang sama dalam rangka mengantisipasi kerawanan libur Natal dan Tahun Baru di wilayahnya," katanya.

Sejumlah objek wisata di Kabupaten Boyolali antara lain mencakup Kebun Raya Indrokilo Boyolali, Umbul Pengging, Ekowisata Tamah Air Tlatar, Objek wisata Waduk Cengklik, Waduk Bade, Waduk Kedung Ombo, Objek Wisata Selo Boyolali, pendakian Gunung Merbabu, Museum R.Hamong Wardoyo Boyolali dan lainnya.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Perangkat Daerah di Indramayu Diimbau Pasang Spanduk Nataru

Pengetatan untuk Cegah Varian Baru Omicron

Ridwan Kamil Tutup Seluruh Alun-alun di Jabar Saat Natal dan Tahun Baru

Polresta Surakarta Cek Prokes 27 Gereja untuk Persiapan Natal

Pemkot Jayapura Minta Warga Perketat Prokes

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark