Grand Kangen Hotel Perbaiki Fasilitas di Konservasi Penyu

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq

Kegiatan CSR Grand Kangen Hotel Urip Sumoharjo Yogyakarta di Konservasi Penyu Pantai Pelangi, Kabupaten Bantul, DIY.
Kegiatan CSR Grand Kangen Hotel Urip Sumoharjo Yogyakarta di Konservasi Penyu Pantai Pelangi, Kabupaten Bantul, DIY. | Foto: Dokumen

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Grand Kangen Hotel Urip Sumoharjo Yogyakarta mengadakan kegiatan CSR di Konservasi Penyu Pantai Pelangi, Kabupaten Bantul, DIY. Kegiatan CSR ini dilakukan dalam rangka anniversary ke-6 hotel tersebut.

General Manager Grand Kangen Hotel, Abdul Rozaq Trenggono mengatakan, kegiatan CSR dilakukan dengan memperbaiki fasilitas yang ada di Konservasi Penyu Pantai Pelangi. Pihaknya telah melakukan survei sebelum melaksanakan kegiatan SCR ini.

Dari hasil survei ditemukan pusat konservasi penyu tersebut masih perlu banyak perbaikan dan perawatan. Padahal, katanya, konservasi penyu ini memiliki nilai lebih sebagai destinasi wisata yang memberikan edukasi bagi wisatawan yang datang ke DIY.

Pihaknya juga melakukan kegiatan bersih sampai di Pantai Pelangi dan menanam bibit pandan laut. Penanaman dilakukan dalam rangka mengurangi abrasi dan pandan laut juga dapat menjaga kelembaban suhu telur penyu.

"Semakin panas suhunya, maka penyu yang menetas nantinya akan berkelamin perempuan. Sementara jika semakin dingin suhunya, maka penyu yang akan menetas berkelamin laki-laki," kata Rozaq.

Melalui kegiatan CSR yang dilakukan diharapkan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat luas. Terutama, kata Rozaq, terkait pentingnya memberikan kepedulian terhadap alam.

"Selain itu juga semakin banyak wisatawan yang datang dan lebih mengenal wisata edukasi penyu di Pantai Pelangi," ujarnya.

Pegiat konservasi penyu Pantai Pelangi, Darwaji Saputro mengatakan, konservasi ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Bahkan, konservasi ini juga dijadikan sebagai pembelajaran bagi mahasiswa di DIY.

Ia pun menyambut baik adanya perbaikan fasilitas untuk keberlangsungan konservasi penyu tersebut. "Ini sangat membantu kami untuk mengembangkan kawasan konservasi yang punya potensi yang sangat besar untuk wisata Indonesia," kata Darwaji.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Grand Kangen Hotel Tawarkan Promo Akhir Tahun

Sandiaga Berdayakan Masyarakat Melalui Konservasi Penyu

Grand Kangen Hotel Hadirkan Sajian Khas Timur Tengah

Pertamina Lanjutkan Konservasi Penyu di Pesisir Cilacap

Konservasi Penyu Kulon Progo akan Direlokasi

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark