SMA Pradita Dirgantara Luncurkan Kompetisi Sains, Matematika, dan Bahasa

Rep: Binti Sholikah/ Red: Muhammad Fakhruddin

SMA Pradita Dirgantara Luncurkan Kompetisi Sains, Matematika, dan Bahasa (ilustrasi)
SMA Pradita Dirgantara Luncurkan Kompetisi Sains, Matematika, dan Bahasa (ilustrasi) | Foto: hhmi.org

REPUBLIKA.CO.ID,BOYOLALI -- SMA Pradita Dirgantara (SMA PD) kembali menggelar kompetisi sains, matematika, dan bahasa dengan tajuk Pradita Dirgantara Competition (PDC) 2021. Kompetisi yang ditujukan bagi pelajar SMP/sederajat tersebut sudah diadakan sejak 2018.

PDC 2021 bertujuan untuk memfasilitasi bakat, minat, dan prestasi serta mencari calon siswa yang berpotensi bergabung ke SMA PD. Tahun ini, PDC mengusung tema "Lestari Alamku, Mengangkasa Dirgantaraku, Segudang Prestasiku. Tema tersebut sesuai dengan nilai-nilai yang diterapkan di SMA PD, yakni kedirgantaraan dan cinta terhadap lingkungan alam. 

"PDC 2021 merupakan komitmen dari SMA Pradita Dirgantara untuk berkontribusi bagi perkembangan sains di Indonesia, khususnya untuk siswa SMP yang nantinya bisa didorong menjadi siswa SMA PD," terang Direktur Pengembangan SMA Pradita Dirgantara, Dwi A Yuliantoro, seperti tertulis dalam siaran pers yang diterima Republika, Senin (27/12) malam.

Mekanisme penyelenggaraan kompetisi tahun ini dilakukan secara daring. Sehingga, peserta bisa mengikuti kompetisi lebih mudah serta memberikan rasa aman dari bahaya Covid-19.

Baca Juga

Jenis kompetisi yang dilombakan tahun ini terdiri atas olimpiade Matematika, olimpiade IPA, story telling, pidato bahasa Indonesia, dan puisi dalam tiga bahasa yakni Perancis, Belanda dan Jepang.

Menurut Dwi, kompetisi ini juga bagian dari agenda SMA Pradita Dirgantara untuk mencari bibit unggul daerah yang nantinya potensial menjadi bagian dari SMA PD.

"Saya berharap melalui PDC 2021 ini mampu menjaring bibit unggul daerah yang selama ini berprestasi. Kompetisi ini juga mendorong siswa didik kita berpikir kreatif. Saya meyakini bahwa kreativitas adalah akar dari inovasi," tambah Dwi.

Persyaratan untuk mengikuti PDC 2021 yakni, siswa kelas VII, VIII, dan IX tingkat SMP/sederajat, dan sekolah juga diperbolehkan mengirimkan lebih dari satu peserta. Peserta juga wajib mengikuti technical meeting pada waktu yang telah ditentukan. Petunjuk teknis lengkap untuk mengikuti kompetisi tersebut bisa dilihat melalui tautan bit.ly/JuknisPDC.

Pendafftaran PDC 2021 telah dibuka sejak 1 Desember 2021 lalu sampai dengan 2 Januari 2022. Batas pengumpulan karya bahasa akan ditutup pada 5 Januari 2022. Kemudian dilanjutkan dengan uji coba pada 9 Januari, penyisihan 11 Januari, semifinal 12 Januari, dan terakhir final serta pengumuman 13 Januari 2022.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


SMA Pradita Dirgantara Resmi Buka Penerimaan Siswa Baru

Nusaresearch, Web Penghasil Pulsa dan Uang Gratis

Toleransi, SMA Pradita Dirgantara Lengkapi Tempat Ibadah

SMA Pradita Dirgantara-Meikei High School Jepang Bersinergi

SMA Pradita Dirgantara Resmi Jadi IB World School

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark