Jumlah Wisatawan di Objek Wisata Sleman Meningkat

Red: Bilal Ramadhan

Jip wisata menunggu wisatawan berkeliling di Tlogo Putri, Kaliurang, Sleman, Yogyakarta, Kamis (23/9). Sejak dua pekan terakhir jip wisata di Tlogo Putri mulai ramai kembali. Wisatawan yang berkunjung kembali ke Kaliurang saat PPKM Level 3 sebagian menyewa jasa jip wisata untuk berkeliling. Paket yang ditawarkan mulai Rp 250 ribu hingga Rp 700 ribu untuk satu mobil kapasitas empat orang.
Jip wisata menunggu wisatawan berkeliling di Tlogo Putri, Kaliurang, Sleman, Yogyakarta, Kamis (23/9). Sejak dua pekan terakhir jip wisata di Tlogo Putri mulai ramai kembali. Wisatawan yang berkunjung kembali ke Kaliurang saat PPKM Level 3 sebagian menyewa jasa jip wisata untuk berkeliling. Paket yang ditawarkan mulai Rp 250 ribu hingga Rp 700 ribu untuk satu mobil kapasitas empat orang. | Foto: Wihdan Hidayat / Republika

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Pengelola wisata di wilayah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencatat jumlah kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata di baik destinasi alam maupun destinasi buatan mengalami peningkatan pada libur Natal 2021.

"Pada liburan Natal, sejumlah objek wisata mengalami peningkatan angka jumlah pengunjung. Liburan Natal menjadi berkah tersendiri bagi pelaku wisata di Sleman," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Suparmono.

Menurut dia, pola kunjungan wisatawan liburan Natal dua hari yaitu, Sabtu (25/12) dan Minggu (26/12) juga berbeda dengan hari libur minggu sebelumnya, karena tingkat kedatangan yang bervariasi.

"Kunjungan ke destinasi-destinasi wisata secara jumlah bervariasi, di beberapa destinasi ada yang naik kunjungannya ada juga yang tetap ataupun turun dibanding dengan libur akhir pekan pekan lalu," katanya.

Baca Juga

Ia menjelaskan pada minggu sebelumnya jumlah kunjungan didominasi oleh rombongan-rombongan besar dengan kendaraan bis dari dalam maupun luar kota. Sedangkan pada libur Natal dua hari ini didominasi wisatawan kelompok-kelompok kecil atau keluarga.

Selain itu, tambah dia, rata-rata pengelola destinasi wisata dan usaha pariwisata di Sleman sudah konsisten menerapkan protokol kesehatan dan wisatawan cenderung sudah mematuhi ketentuan yang diterapkan pengelola setempat.

"Berdasar pemantauan di kawasan Kaliurang dan Kaliadem baik pengelola destinasi dan usaha pariwisata, maupun wisatawan memakai masker dalam beraktivitas dan cuci tangan," katanya.

Ia mengatakan kawasan wisata di Kaliurang pada libur Natal dikunjungi sekitar 10.379 wisatawan, atau naik sekitar 37 persen dibanding liburan akhir pekan sebelumnya dengan angka kunjungan sejumlah 7.539 wisatawan.

"Untuk kawasan wisata lereng Merapi di Kaliadem kunjungan libur Natal sekitar 5.928 wisatawan dan libur akhir pekan yang lalu sebanyak 5.898 wisatawan," kata Suparmono.

Jumlah kunjungan di destinasi lain pada libur Natal kali ini antara lain di Jogja Bay mencapai 5.900 pengunjung, Merapi Park 1.100 pengunjung, Studio Alam Gamplong sekitar 1.200 pengunjung dan Tebing Breksi lebih dari 4.000 pengunjung.

 

Terkait


Ini Alasan Pemerintah Terapkan Pelonggaran pada Masa Libur Nataru

Polrestabes Surabaya Terapkan Pengamanan Tiga Ring saat Tahun Baru

Penumpang Garuda Indonesia Selama Nataru Diprediksi Naik 27 Persen

Antisipasi Kenaikan Konsumsi BBM, Direksi Patra Niaga Periksa Kesiapan Satgas Nataru

Bolos Seusai Libur Natal, 333 ASN Indramayu Terkena Tindakan Indisipliner

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark