Wagub Jatim Resmikan Galeri Riset dan Inovasi Teknologi ITS

Red: Muhammad Fakhruddin

Wagub Jatim Resmikan Galeri Riset dan Inovasi Teknologi ITS (ilustrasi).
Wagub Jatim Resmikan Galeri Riset dan Inovasi Teknologi ITS (ilustrasi). | Foto: Antara/Moch Asim

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim)Emil Elestianto Dardak meresmikan Galeri Riset dan Inovasi Teknologi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) di KotaSurabaya, Selasa (28/12).

Di sela acara peresmian, Wakil Gubernur menyebutGaleri Riset dan Inovasi Teknologi (GRIT)ITS sebagai representasi dari kemajuan teknologi karya anak bangsa di Jawa Timur, bahkan Indonesia.

Mantan bupati Trenggalek itu mengapresiasi seluruh inovator ITS, yang telah berhasil menciptakan berbagaiteknologi. "Kita semua berharap berbagai inovasi terus berkelanjutan dan dapat memberi manfaat bagi masyarakat Indonesia," katanya.

Rektor ITS Prof. Mochamad Ashari mengatakan bahwaGRIT menghadirkan total 27 inovasi purwarupa, yang meliputi produk teknologi transportasi, pertahanan dan keamanan maritim, kesehatan, hingga realitas virtual.

Baca Juga

"Semua hasil inovasi ini tak terlepas dari dukungan mahasiswa dan dosen, serta Pemprov Jatim yang terus mendukung ITS dalam pengembangan riset inovasi," kata dia.

Direktur Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat ITS Agus Muhamad Hatta mengemukakan bahwaGRIT merupakan wadah pertunjukan hasil riset teknologi dan wadah apresiasi bagi para inovator yang sekaligus bisa menjadi ajang wisata edukasi.

"Galeri ini dapat menjadi tempat pembelajaran sains dan teknologi sekaligus sumber inspirasi bagi para pelajar di Indonesia," katanya.

Sementara itu, Wakil Rektor IV ITS Bambang Pramujati menyampaikan bahwa GRIT merupakan cerminan dari dedikasi serta perjuangan dosen dan mahasiswa ITS dalam mewujudkan karya monumental yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Nantinya galeri ini bersifat dinamis, di mana karya inovasi ITS akan rutin diperbarui secara bergiliran," kata dosen Departemen Teknik Mesin itu.

Pada acara peresmian GRIT juga dilakukan peluncuran empat produk kesehatan i-Health Diagnosis, yakni Electro Encephalography (EEG), Electro Cardiogram (ECG), Smart Mattress, dan prototipe inovasi kesehatan Cough and Lung.

 

Terkait


BRIN Perkuat Riset Pengujian Produk Kesehatan

Erick Thohir Apresiasi Hasil Inovasi Alumni ITS

Terima Insentif Rp 1,9 Miliar, UMS Pacu Riset MBKM

ITS Kembangkan Traktor Tangan Bertenaga Listrik

Uhamka Fokuskan Riset melalui Konferensi Internasional

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark