PMI Batang Jadi Percontohan Rehabilitasi Kawasan Pesisir

Red: Muhammad Fakhruddin

Personel Palang Merah Indonesia (PMI) menanam mangrove di pesisir Pantai Utara, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Rabu (29/12/2021). Untuk mengurangi dampak abrasi laut yang dapat menyebabkan banjir rob, PMI Pusat dan Daerah menanam 200 ribu bibit pohon bakau di sepanjang kawasan Pantai Utara Kabupaten Batang.
Personel Palang Merah Indonesia (PMI) menanam mangrove di pesisir Pantai Utara, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Rabu (29/12/2021). Untuk mengurangi dampak abrasi laut yang dapat menyebabkan banjir rob, PMI Pusat dan Daerah menanam 200 ribu bibit pohon bakau di sepanjang kawasan Pantai Utara Kabupaten Batang. | Foto: ANTARA/Harviyan Perdana Putra/wsj.

REPUBLIKA.CO.ID,BATANG -- Keberhasilan Palang Merah Indonesia Kabupaten Batang dalam program rehabilitasi kawasan pesisir dengan menanam mangrovemenjadi percontohan dan mendapatkan dukungan dari American Red Cross.

"PMI Kabupaten Batang dalam pelaksanaan program rehabilitasi pesisir sangat sukses. Penanaman mangrovesudah dimulai sejak 2015," kata Ketua PMI Pusat Letjen TNI (Purn) Sumarsono di Batang, Rabu (29/12).

Keberhasilan yang diraih oleh PMI Kabupaten Batang juga menjadi pusat rujukan edukasi beberapa daerah seperti PMI Provinsi Jawa Tengah, PMI Kabupaten Manggarai Provinsi Nusa Tenggara Timur, dan Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung.

Menurut Sumarsono, program rehabilitasi pesisir dalam mengurangi abrasi laut, PMI Batang tidak instruktif tetapi memiliki nilai ekonomi untuk kehidupan. "Tidak hanya meminimalisasi abrasi tetapi ada kepentingan kehidupan. Dengan adanya penanaman mangrove, masyarakat bisa membudidayakan kepiting soka dan lebah madu sebagai tambahan penghasilan," katanya.

Baca Juga

Wakil Bupati Batang Suyono menyampaikan apresiasinya pada PMI Batang dalam merehabilitasi kawasan pesisir dengan menanam mangrove karena hal itu akan menjaga ekosistem alam sehingga ada kepercayaan dari berbagai stakeholder. "Keberhasilan PMI Batang jadi perhatian daerah lain karena mampu melakukan gerakan menjaga ekosistem alam pesisir yang sangat bermanfaat bagi perekonomian masyarakat," katanya.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Kemenperin Pede Industri Nasional Tumbuh Hingga 4,5 Persen Tahun Ini

Harper MT Haryono Berbagi Kasih dengan Kegiatan Donor Darah dan Kunjungan Panti Asuhan

2022, Pemprov Jatim Targetkan Tanam Mangrove Capai 1.280 Hektare

Layani PMi, Penerbangan Internasional Bandara Juanda Segera Dibuka

Hari Relawan PMI, JK: Semua Orang tak Bisa Bekerja Sendiri

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark