Jumat 31 Dec 2021 10:08 WIB

Sistem Manajemen Keamanan Informasi UMY Tersertifikasi ISO

Kini, LSI UMY menerapkan IS0 270001 terbaru yang dikeluarkan 2013.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Kampus UMY.
Foto: Wahyu Suryana.
Kampus UMY.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Tata kelola baik jadi piranti penting yang harus diterapkan institusi. Lewat Lembaga Sistem Informasi (LSI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), manajemen keamanan informasi UMY sukses memperoleh sertifikasi ISO 270001: 2013.

Kepala LSI UMY, Dr Wahyudi mengatakan, ISO 270001 menjadi standar internasional berkaitan dengan sistem manajemen keamanan informasi yang memiliki jangka waktu hingga 2024. Kini, LSI UMY menerapkan IS0 270001 terbaru yang dikeluarkan 2013.

"Berlaku sampai 2024 mendatang, namun audit tetap rutin. Jika tahun berikutnya tidak sesuai dapat dicabut sertifikasinya," kata Wahyudi.

Ia menuturkan, proses perolehan sertifikasi tengah dimulai pada Desember 2020 lalu, sehingga membutuhkan proses yang sangat panjang. Tim LSI UMY mengawali dengan penyusunan dokumen-dokumen yang sesuai standar ISO hingga proses audit.

Desember 2020 menyusun dokumen dengan standar ISO dan lengkap, terapkan proses keamanan, mengelola keamanan dengan standar itu dan terus-menerus ditingkatkan. Sedangkan, audit eksternal yang tengah dilaksanakan oleh lembaga di luar UMY.

Wahyudi bersyukur, audit eksternal dilakukan lembaga dari luar tidak ada temuan yang negatif. Ke depannya, dalam rangka mencapai tata kelola baik dan meningkatkan kepercayaan masyarakat, LSI terus mengembangkan proses. "Agar selalu dapat mengikuti sesuai dengan standarisasi ISO yang sudah ditetapkan," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement