Senin 03 Jan 2022 08:52 WIB

Satu Korban Tenggelam Ditemukan di Pantai Kebumen

Dua anak menyelamatkan diri dan tiga anak diselamatkan oleh warga.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Fernan Rahadi
Korban tenggelam (ilustrasi).
Foto: Antara
Korban tenggelam (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, KEBUMEN -- Tim SAR Gabungan berhasil menemukan salah satu dari dua korban tenggelam  di Pantai Suwuk Desa Tanbakmulyo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap I Nyoman Sidakarya mengatakan, korban yang ditemukan bernama Akhmad Ramadani (9 tahun) Pelajar Asal RT 10 RW 003  Desa Gintungrejo, Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap.

"Korban ditemukan tepatnya di Pantai Criwik dari lokasi kejadian ke arah timur, sekitar 1,5 kilometer dalam keadaan meninggal dunia, kemudian korban di bawa ke RS PKU Muhamadyah Petanahan," ujar Nyoman, Senin (3/1).

Korban ditemukan oleh Tim SAR Gabungan pada Senin (3/1) dini hari sekitar Pukul 00.10 WIB saat sedang melakukan penyisiran di sepanjang pinggiran pantai. Tim SAR melihat sosok benda hitam di pinggiran pantai, setelah itu melihat sosok tersebut adalah korban tenggelam yang sedang dicari, kemudian tim SAR langsung mengevakuasi korban tersebut.

"Pencarian akan kita lanjutkan kembali satu orang korban tenggelam atas nama Riandi Fitri Satra (8 tahun) pagi ini dengan rencana operasi yang sudah kita ploting yaitu rencana penyisiran darat dari lokasi kejadian ke arah barat dan timur dan rencana kita akan lakukan dengan penyisiran permukaan air menggunakan Rubber Boat," jelas Nyoman.

Ia menjelaskan kronologis kejadian tenggelamnya dua wisatawan tersebut. Kejadian awal pada Ahad (2/1) Pukul 14.40 WIB saat rombongan wisata berjumlah sembilan orang terdiri dari tujuh anak dan dua dewasa, sedang berenang agak ke tengah di pantai Suwuk. Mereka kemudian terseret ombak, kemudian dua anak menyelamatkan diri dan tiga anak diselamatkan oleh warga. Akan tetapi, dua anak hilang terbawa arus.

Tiga anak yang diselamatkan warga saat ini di bawa ke RS PKU Muhamadyah Petanahan bernama Rafi Trio Amadan (11 tahun) dan Ridho Putra Awaisah (11 tahun). Mereka adalah pelajar dan warga RT 002 RW 002 Desa Kedaleman Kulon, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen. Sedangkan Rindawati (11 tahun), warga RT  003 Desa Gintungrejo, Kecamatan Gandrungmangu,  Kabupaten Cilacap.

Dua Korban yang hilang tenggelam bernama Akhmad Ramadani (9 tahun) pelajar asal RT 10 RW 003, Desa Gintungrejo Kecamatan, Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap dan Riandi Fitri Satra (8 tahun) warga RT 002 RW 002 Desa Kedaleman Kulon, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen.

Korban selamat bernama Velita Ajung Suryaningsih (10 tahun) RT 003 RW 003 Desa Sidourip, Kecamatan Gandungmangu, Kabupaten Cilacap dan Reva Rahayu Lestari Aprilia (15 tahun) RT 002 RW 002, Desa Kedaleman Kulon, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen dan saat ini sudah berada di rumah masing-masing.

Unsur SAR Gabungan terdiri dari Basarnas Cilacap, Bpbd Kebumen, Polsek Puring, Koramil Puring, Orari, Rapi, SAR Elang Perkasa, Balawista, Celeng Rescue, Gertaks, Mdmc, SAR MTA, Lazismu dan warga sekitar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement