Basarnas Temukan Korban Tenggelam Kedua Pantai Suwuk Kebumen

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq

Tim SAR Gabungan mengevakuasi korban tenggelam di Pantai Suwuk Kebumen.
Tim SAR Gabungan mengevakuasi korban tenggelam di Pantai Suwuk Kebumen. | Foto: Dokumen.

REPUBLIKA.CO.ID, KEBUMEN -- Tim SAR Gabungan akhirnya berhasil menemukan korban kedua dalam keadaan meninggal dunia yang sebelumnya dikabarkan tenggelam di Pantai Suwuk Desa Tambakmulya Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap, I Nyoman Sidakarya mengatakan, korban kedua ditemukan pada Senin (3/1) pukul 11.00 WIB sekitar 500 meter ke arah selatan dari lokasi kejadian, di permukaan air dan selanjutnya korban dievakuasi dan dibawa ke rumah duka.

"Pertama kali korban ditemukan saat kita sedang melakukan penyisiran di permukaan air dengan menggunkan Rubber Boat dan melihat sesosok benda sedang mengapung, kemudian kita langsung mengevakuasi korban ke Rubber Boat dan langsung kita bawa ke rumah duka," ujar Nyoman kepada media, Senin (3/1).

Korban kedua ditemukan atas nama Riandi Fitri Satria (8 tahun) warga RT 002 RW 002 Desa Kedaleman Kulon, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen. Sebelumnya korban pertama ditemukan oleh Tim SAR Gabungan pada Senin (3/1) dini hari sekitar pukul 00.10 WIB saat sedang melakukan penyisiran di sepanjang pinggiran pantai.

Ia menjelaskan kronologis kejadian tenggelamnya dua wisatawan tersebut. Kejadian awal pada Ahad (2/1) pukul 14.40 WIB saat rombongan wisata berjumlah sembilan orang terdiri dari tujuh anak dan dua dewasa, sedang berenang agak ke tengah di pantai Suwuk.

Mereka kemudian terseret ombak, kemudian dua anak menyelamatkan diri dan tiga anak diselamatkan oleh warga. Akan tetapi, dua anak hilang terbawa arus. Tiga anak yang diselamatkan warga lantas dibawa ke RS PKU Muhamadyah Petanahan bernama Rafi Trio Amadan (11 tahun) dan Ridho Putra Awaisah (11 tahun).

Keduanya adalah pelajar dan warga RT 002 RW 002 Desa Kedaleman Kulon, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen. Sedangkan Rindawati (11 tahun), warga RT  003 Desa Gintungrejo, Kecamatan Gandrungmangu,  Kabupaten Cilacap.

Dua korban yang hilang tenggelam bernama Akhmad Ramadani (9 tahun) pelajar asal RT 10 RW 003, Desa Gintungrejo Kecamatan, Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap, dan Riandi Fitri Satra (8 tahun) warga RT 002 RW 002 Desa Kedaleman Kulon, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen.

Korban selamat bernama Velita Ajung Suryaningsih (10 tahun) RT 003 RW 003 Desa Sidourip, Kecamatan Gandungmangu, Kabupaten Cilacap dan Reva Rahayu Lestari Aprilia (15 tahun) RT 002 RW 002, Desa Kedaleman Kulon, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen dan saat ini sudah berada di rumah masing-masing.

"Dengan ditemukannya jenazah kedua korban, maka secara resmi untuk operasi SAR dinyatakan ditutup dan semua unsur di kembalikan ke kesatuanya masing-masing," ujar Nyoman.

Unsur SAR Gabungan terdiri dari Basarnas Cilacap, Bpbd Kebumen, Polsek Puring, Koramil Puring, Orari, Rapi, SAR Elang Perkasa, Balawista, Celeng Rescue, Gertaks, Mdmc, SAR MTA, Lazismu, dan warga sekitar.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


Satu Korban Tenggelam Ditemukan di Pantai Kebumen

Pemuda yang Ceburkan Diri ke Sungai Kalikuto Ditemukan Meninggal

Berusaha Selamatkan Anjing Kesayangannya, Anak Ini Malah Hanyut 

Tim SAR Cilacap Temukan Seluruh Tubuh Korban Tertabrak KA

Korban Tenggelam Lomba Perahu Dayung Cilacap Ditemukan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark