Selasa 04 Jan 2022 04:22 WIB

RSA UGM Target Vaksinasi 100 Anak per Hari

Pendaftaran langsung di lokasi vaksinasi dengan menunjukkan kartu identitas anak.

RSA UGM Target Vaksinasi 100 Anak per Hari (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Fransisco Carolio/Lmo/YU
RSA UGM Target Vaksinasi 100 Anak per Hari (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Rumah Sakit Akademik (RSA) Universitas Gadjah Mada (UGM) menargetkan melayani vaksinasi anak usia 6-11 tahun mencapai 100 anak per hari mulai Senin (3/1).

Kepala Instalasi Rawat Jalan RSA UGM dr Agung Widianto mengatakan vaksin yang digunakan untuk anak adalah vaksin Sinovac."Kami baru menerima 2.500 vaksin Sinovac minggu lalu, dan mulai hari ini kita buka untuk umum," kata dia.

Baca Juga

Layanan vaksinasi bagi anak, kata dia, dibuka setiap Senin hingga Jumat, pukul 08.00-12.00 WIB di Gedung Kresna lantai satu RSA UGM. Pendaftaran dilakukan secara langsung di lokasi vaksinasi dengan menunjukkan kartu identitas anak.

Agung menerangkan jumlah penerima vaksin setiap harinya diprediksi tidak akan melampaui 100 orang karena banyak anak telah menerima vaksinasi di sekolah atau puskesmas. Dengan jumlah vaksin sebanyak 2.500 dosis, RSA UGM dapat melayani vaksinasi bagi 1.250 anak untuk dosis pertama dan dosis kedua.

Saat ini RSA UGM belum menentukan batas akhir pemberian layanan vaksinasi bagi anak. "Vaksinasi akan terus dilakukan selama stok vaksin masih ada," ujar dia.

Agung memaparkan tidak ada perbedaan pada proses penapisanserta persyaratan kondisi penerima vaksin anak dibandingkan dengan penerima vaksin dewasa.

Sebelum memberikan vaksin, tenaga kesehatan RSA terlebih dahulu melakukan pendataan serta penapisan terhadap anak seperti pemeriksaan suhu dan tekanan darah. "Jika anak dalam kondisi sehat maka vaksinasi dapat langsung diberikan," kata dia.

Penggunaan vaksin Sinovac dilakukan sesuai rekomendasi pemerintah. Vaksin ini, terangnya, dirasa lebih aman bagi anak-anak karena telah terbukti tidak memunculkan efek samping yang berat pada orang dewasa.

Sebelum dibuka untuk umum, sebelumnya RSA UGM telah melayani vaksinasi bagi sekitar 150 anak pegawai RSA pada 29-31 Desember 2021. "Anak-anak yang divaksin minggu lalu sama sekali tidak terlihat ada efek samping. Jadi orang tua tidak perlu khawatir untuk memberikan vaksin bagi anak-anaknya," kata dia.

Selain membuka layanan vaksinasi anak, RSA UGM juga masih membuka layanan vaksinasi dewasa pada Sabtu dan Minggu di tempat yang sama. Jenis vaksin yang disediakan juga cukup beragam, mulai dari vaksin Sinovac, Moderna, Pfizer, hingga Sinopharm.

"Semua vaksin kita siapkan. Kami ingin menjadi sentra vaksin di wilayah DIY dan sekitarnya," ujar Agung.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement