Wagub Jateng Kawal Percepatan Vaksinasi di Daerah

Red: Muhammad Fakhruddin

Wagub Jateng Kawal Percepatan Vaksinasi di Daerah (ilustrasi).
Wagub Jateng Kawal Percepatan Vaksinasi di Daerah (ilustrasi). | Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG -- Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoenmengawal langsung percepatan vaksinasi COVID-19 di daerah-daerah yang menghadapi berbagai kendala sehingga capaian masih di bawah 70 persen dari total sasaran.

"Kami sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait dengan percepatan vaksinasi agar bisa berjalan," katanya di Semarang, Selasa.

Ia mengungkapkan berdasarkan laporan Pemerintah Kabupaten Tegal, vaksinasi COVID-19 di daerah itu mengalami kendala karena sebagian masyarakat yang menolak vaksinasi lantaran terpengaruh oleh ulama tertentu.

Politikus Partai Persatuan Pembangunan itu mengaku akan mengajak Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jateng untuk mendatangi lokasi dan memastikan percepatan vaksinasi dapat berjalan, salah satunya di Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal.

Baca Juga

"Ini ada laporan lagi di Kecamatan Bojong. Tadi juga kami sudah koordinasi dengan tokoh masyarakat di Bojong, dan kami akan bersama nanti mungkin saya ajak Kesra (Biro Kesra SetdaProvinsi Jateng) untuk jalan-jalan di Tegal dan Pemalang untuk memastikan bahwa di sana akan ada percepatan," ujarnya.

Orang nomor dua di Jateng itu, menjelaskan jika beberapa bulan sebelumnya, Bupati Tegal Ummi Azizah menyampaikan laporan kendala serupa.

Berdasarkan laporan tersebut, Wagub Taj Yasin telah mengunjungi wilayah-wilayah yang masih memiliki kendala vaksinasi bersama Bupati Tegal Ummi Azizah.

"Ada masyarakat yang cenderung 'ngugemi dawuhnya' beberapa tokoh. Waktu itu ketika saya ke Tegal bersama Ibu Bupati, akhirnya ada beberapa daerah yang terurai dan mau divaksin," katanya.

Menanggapi adanya kendala vaksinasi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta dilakukan pendekatan khusus guna penyelesaiannya.

"Kalau yang di Tegal ini ada 'problem' khusus dengan ulama, lha ini saya juga punya ulama jagoan, Pak Wagub. Nanti beliau biar bisa 'tindak' ke sana untuk menjelaskan. Pak Wagub ini kalau menjelaskan bisa komplet, tidak cuma dalil saja. Beliau bisa cerita pengalaman-pengalaman pribadi beliau sehingga itu mungkin akan bisa melakukan edukasi dengan baik," ujarnya.

Kabupaten Tegal disebut memiliki capaian vaksinasi yang relatif rendah sebab hingga saat ini, capaian vaksin dosis pertamanya mencapai 63,18 persen, sedangkan untuk vaksinasi lansia baru mencapai 57,43 persen.

Selain Kabupaten Tegal, wilayah lainnya yang menjadi fokus rapat adalah Kabupaten Brebes, Kabupaten Jepara, dan Kabupaten Pemalang.

Semuanya tercatat proses vaksinasi masih di bawah 70 persen untuk dosis pertamadan di bawah 60 persen untuk vaksinasi lansia.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


21 Juta Jiwa Masuk Sasaran Target Vaksin Booster

Pengembangan Vaksin Merah Putih Dikhawatirkan

RSA UGM Target Vaksinasi 100 Anak per Hari

180 Ribu Vaksin Covid-19 di Jabar Nyaris Kedaluwarsa

114.196.339 Warga Sudah Divaksin Covid-19 Lengkap

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark