Lima Grup Idol Korea Ini Paling Lama Bertahan

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq

Grup musik asal Korea Selatan, Bigbang.
Grup musik asal Korea Selatan, Bigbang. | Foto: Reuters

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL – Tidak semua grup idol Korea Selatan bisa bertahan lama di dunia industri musik K-Pop. Beberapa ada yang memilih bubar karena menolak memperpanjang kontrak dan faktor lainnya.

Di sisi lain, masih ada sejumlah grup yang memilih bertahan di industri musik Korea. Meskipun aktivitasnya tidak terlalu aktif, mereka berusaha agar grupnya tetap bertahan selama mungkin demi para penggemarnya. Berikut ini lima grup idol Korea yang masih awet hingga awal 2022.

Shinhwa

Shinwa merupakan grup idol Korea Selatan yang debut di bawah naungan agensi SM Entertainment pada 1998. Grup yang pernah menjadi paling berjaya ini terdiri atas enam anggota, yakni Eric, Minwoo, Dongwan, Hyesung, Junjin, dan Andy. Grup pelantun Resolver tersebut memilih pindah ke agensi lain pada 2004 setelah masa kontraknya berakhir.

Sampai saat ini, Eric cs masih tetap berusaha mempertahankan keberlangsungan grup Shinhwa. Meskipun tidak aktif secara grup, beberapa anggotanya masih memiliki aktivitas di dunia hiburan, baik itu di seni peran maupun musik. Terakhir, Shinhwa sempat mengeluarkan album secara grup pada 2015 dengan judul album We.

TVXQ

TVXQ termasuk grup idol Korea yang masih bertahan hingga sekarang meskipun banyak anggotanya yang memilih hengkang. Grup yang diketuai oleh U-Know Yunho ini telah mempertahankan grupnya sejak 2003 hingga sekarang. Bahkan, anggota dari grup yang berada di bawah naungan agensi SM Entertainment tersebut masih aktif menjalankan aktivitasnya di dunia musik maupun seni peran.

Super Junior

Untuk pencinta musik Korea di Indonesia, nama Super Junior tentu sudah tidak asing lagi. Grup yang diketuai oleh Leeteuk ini sudah banyak melakukan aktivitas musik di Indonesia. Selain melaksanakan konser yang ditayangkan di televisi nasional, salah satu anggota grup ini, yakni Choi Siwon juga dipercaya menjadi brand ambassador produk mi terkenal di Indonesia.

Super Junior atau dikenal dengan Suju ini didebutkan oleh SM Entertainment pada 2005. Grup pelantun Sorry-Sorry ini disebut sebagai 'King of Hallyu K-Wave' karena kontribusinya dalam memperkenalkan musik K-Pop ke kancah dunia. Saat ini Suju secara grup maupun solo masih aktif menghasilkan karya, baik itu dalam mengeluarkan album, terlibat di dunia peran maupun menjadi pengisi di variety atau reality show.

Big Bang

Big Bang termasuk grup idol terbesar di Korea Selatan. Grup yang aktif sejak 2006 hingga sekarang tersebut masih mencoba mempertahankan keberlangsungan Big Bang meskipun beberapa kali terkena skandal. Grup pelantun Fantastic Baby ini harus kehilangan satu anggotanya, Seungri pada 2019 akibat terkena skandal besar.

2PM

Sebagian besar grup idol pria di Korea mengalami hiatus karena beberapa anggotanya harus menjalani Wajib Militer (Wamil) . Hal ini juga yang dialami grup 2PM. Grup ini tidak bisa melakukan aktivitasnya secara grup sejak 2016. Meskipun demikian, mereka harus mempertahankan grupnya dengan melakukan aktivitas solo, baik itu sebagai penyanyi maupun aktor.

Grup yang berada di bawah naungan agensi JYP Entertainment kembali aktif secara utuh pada 2021. Saat itu, Taecyon cs berhasil merilis album Must dengan lagu unggulannya yang berjudul Make It. Dengan karya ini, 2PM sukses menjadi grup yang mampu bertahan sejak 2008 hingga sekarang.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 

Terkait


Jerat Kemiskinan Pembelot Korut di Korsel

Ambisi Presiden Korsel untuk Berdamai dengan Korut

Pria yang Melintasi Zona Demiliterisasi Diyakini Warga Korut

Yoo Jae Suk Telepon Banyak Orang Selama Karantina Covid

SMTOWN Cetak Rekor Tertinggi Konser Daring Korea

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark