Seluruh Sekolah di Banyumas Mulai Laksanakan PTM

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq

Sejumlah siswa mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM).
Sejumlah siswa mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM). | Foto: Antara/Asep Fathulrahman

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, telah melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) mulai Senin (3/1) karena memenuhi syarat PPKM Level 1. Menurut Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Banyumas, Robani, pemberlakuan PTM di Banyumas akan dilaksanakan seterusnya selama kasus Covid-19 terkendali.

"Pemberlakuan PTM di Banyumas mulai 3 Januari sampai dengan seterusnya dari PAUD hingga SMA, termasuk pendidikan kesetaraan," ujar Robani kepada Republika.co.id, Rabu (5/1).

Ia menjelaskan, pelaksanaan protokol kesehatan mengacu pada SKB 4 menteri, yang menjelaskan bahwa satuan pendidikan yang berada di level PPKM 1 dan 2 dapat menggelar PTM setiap hari secara bergantian dengan ketentuan antara lain lama belajar enam jam pelajaran per hari untuk capaian vaksinasi dosis 2 pendidik dan tenaga kependidikan 50 sampai 80 persen.

Kemudian untuk capaian vaksinasi lansia dosis 2 sebanyak 40 persen hingga 50 persen dan vaksinasi peserta didik terus berlangsung, serta jumlah peserta didik 50 persen dari kapasitas. Selanjutnya, lama belajar enam jam pelajaran per hari untuk capaian vaksinasi dosis 2 pendidik dan tenaga kependidikan di bawah 50 persen.

Juga untuk capaian vaksinasi lansia dosis 2 di bawah 40 persen, serta jumlah peserta didik 50 persen dari kapasitas.  "Selain melaksanakan prokes sesuai SKB 4 Menteri, sekolah juga mengisi instrumen kesiapan PTM," kata dia.

Sementara itu, penghentian PTM sementara 14x24 jam akan dilakukan jika terdapat klaster penularan covid 19 di satuan pendidikan, angka positivity rate ACF kurang dari lima persen, dan warga satuan didik yang masuk notifikasi kasus hitam kurang dari lima persen.

"Apabila setelah dilakukan surveilans bukan klaster PTM/angka positivity rate kurang dari lima persen, PTM hanya dihentikan pada kelompok belajar yang terdapat kasus konfirmasi /kontak erat covid selama 5x24jam," jelasnya.

Sebelumnya, Bupati Banyumas Achmad Husein menjelaskan, pelaksanaan PTM 100 persen dapat diberlakukan karena status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Banyumas telah turun ke level 1.

"Banyumas sudah masuk PPKM level 1 sudah agak lama. Cakupan vaksinasi untuk tenaga kependidikan juga sudah di atas 80 persen dan cakupan vaksinasi lansia di atas 60 persen," jelas Husein, pekan lalu.

Kendati begitu, ia mengingatkan  para siswa dan tenaga pendidik agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan karena pandemi belum usai. "Saya mohon karena pandemi ini belum selesai, jadi prokes harus disiplin diterapkan," imbaunya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


PTM 100 Persen, Pemkot Tangerang Sebut Nihil Kasus Covid-19

Alasan Pemerintah Jalankan PTM 100 Persen

Kasus Omicron di Jakarta Naik, Legislator: PTM 100 Persen Sebaiknya Ditunda

Banyumas Luncurkan Perumahan Moderasi Agama, Ada Simbol yang Disepakati

Kemendikbudristek: 50 Persen Kampus Siap Laksanakan PTM 100 Persen

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark