Hamili Gadis di Bawah Umur, Pemuda Banyumas Ditangkap

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Fernan Rahadi

Kekerasan seksual terhadap anak (ilustrasi)
Kekerasan seksual terhadap anak (ilustrasi) | Foto: Republika/Mardiah

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -- Pemuda berinisial WS (21 tahun) ditangkap Unit PPA Sat Reskrim Polresta Banyumas Polda Jawa Tengah karena melakukan persetubuhan terhadap anak di bawah umur.

Pemuda warga desa Desa Kalisari Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas tersebut ditangka pada Selasa (4/1) sekitar pukul 11.00 WIB di rumahnya.

Kasat Reskrim Polresta Banyumas Kompol Berry menjelaskan kejadian persetubuhan tersebut terjadi pertama kali pada pertengahan bulan Januari 2021 di salah satu hotel kawasan objek wisata Baturaden.

Awalnya WS mengajak korban, yaitu gadis berinisial OL (16 tahun), untuk ke tempat wisata Baturraden.

"Setelah di Baturraden, kemudian tersangka mengarahkan sepeda motornya ke hotel dan memesan kamar. Kemudian tersangka mengajak korban ke dalam kamar tersebut dan selanjutnya tersangka menyetubuhi korban," ungkap Berry, Kamis (6/1).

Saat itu, korban merasa terpaksa dan memberontak. Selanjutnya pelaku terus menyetubuhi korban selama mereka berpacaran hingga setahun.

Kejadian ini terungkap ketika orang tua korban yang tinggal di Semarang pulang ke Banyumas saat Tahun Baru. Korban yang tinggal bersama neneknya di Desa Kalisari, Kecamatan Cilongok, Kab. Banyumas ini diketahui hamil dua bulan. Atas kejadian tersebut, WN (36 tahun) yang merupakan orang tua korban, melaporkan kepada Unit PPA Sat Reskrim Polresta Banyumas.

"Ketika anaknya hamil dua bulan orangtuanya tidak terima dan pelaku kami amankan," ujar Berry.

Dengan berbekal laporan dan keterangan korban dan juga saksi-saksi, tim berhasil mengamankan pelaku beserta barang buktinya guna penyidikan lebih lanjut.

"Atas perbuatannya Pelaku dijerat dengan Pasal 81 UU Nomor 35 Tahun 2014 Jo UU Nomor 17 Tahun 2016 tentang Penetapan Peraturan Undang Undang Nomor 1 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak,"  tuturnya.

 

Terkait


Pria 55 Tahun Diduga Lakukan Kekerasan Seksual terhadap Anak 5 Tahun

Panja Targetkan RUU TPKS Selesai dalam Satu Masa Sidang

Jokowi Dorong RUU TPKS Segera Disahkan DPR

Consent dalam Kekerasan Seksual

Membuka Kabut Pendidikan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark