Cara Aktifkan Mode Gelap Google Docs, Fitur Nyaman untuk Mata

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Fernan Rahadi

Google Docs
Google Docs | Foto: endgadget.com/AOL

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai bagian dari paket Editor Google Documents gratis berbasis web yang disediakan oleh Google, Google Documents adalah alat yang dapat digunakan untuk membuat dan mengedit dokumen, serta membuat spreadsheet, tayangan slide, dan presentasi lain. Google Docs yang sekarang dirilis lebih dari 15 tahun yang lalu dapat diakses melalui browser web, sebagai aplikasi Android atau iOS, atau sebagai program desktop yang berjalan di Google Chrome OS.

Pembuatan dan pengeditan dokumen daring dimungkinkan oleh Google Documents yang memungkinkan pengguna berkolaborasi dengan pengguna lain. Dengan menggunakan riwayat revisi, pengguna dapat melihat bagaimana suntingan mereka berkembang dan sistem berbasis izin.

Mode gelap yang menampilkan teks terang di latar belakang gelap, telah menjadi opsi antarmuka yang sangat populer di sejumlah aplikasi dan situs web. Mode tersebut biasanya lebih nyaman di mata dan membantu menghindari sakit kepala saat menggunakan gawai untuk waktu yang lama.

Google Documents memang menawarkan fitur mode gelap untuk perangkat iPhone, iPad, dan Android. Namun, fitur tersebut belum tersedia untuk Windows atau macOS. Pengguna dapat menggunakan beberapa ekstensi Chrome pihak ketiga untuk membuat mode gelap di Google Documents.

Jika Anda menggunakan perangkat iPhone, iPad, atau Android untuk mengakses Google Documents, opsi tema gelap dapat ditemukan dalam pengaturan aplikasi masing-masing. Berikut langkah-langkahnya seperti dilansir Know Your Mobile, Senin (10/1):

Mode gelap di perangkat iOS dan Android

1.Buka aplikasi Google Documents dan pergi ke pengaturan yang dapat ditemukan sebagai simbol dengan tiga garis horizontal di sudut kanan atas layar.

2.Ketuk “Pengaturan.”

3.Klik “Tema.”

4.Pilih opsi “Gelap.”   

                                      

Mode gelap di komputer

Meskipun tidak ada opsi mode gelap resmi dalam pengaturan Google Documents di Mac atau PC, ada sejumlah ekstensi Chrome yang bisa digunakan.

1.Buka jendela peramban Google Chrome.

2.Buka chrome.google.com/webstore

3.Cari di Toko Web Chrome “Mode gelap Google Documents” dan Anda akan disajikan sejumlah opsi untuk dipilih. Periksa ulasan untuk menjelajahi mana yang Anda sukai.

4.Saat Anda menemukan ekstensi mode gelap Google Documents yang Anda inginkan, klik kotak biru “Tambahkan ke Chrome.”

5.Jika kotak popup muncul, klik “Tambahkan ke Chrome.” 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Cara Buat Tanda Tangan di Google Documents

Google Docs Sematkan Fitur Pengoreksi Tata Bahasa

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark