Bantul Minta Sekolah Melakukan Penyesuaian dalam Melaksanakan PTM Penuh

Red: Muhammad Fakhruddin

Bantul Minta Sekolah Melakukan Penyesuaian dalam Melaksanakan PTM Penuh (ilustrasi_.
Bantul Minta Sekolah Melakukan Penyesuaian dalam Melaksanakan PTM Penuh (ilustrasi_. | Foto: Republika/Bayu Adji P.

REPUBLIKA.CO.ID,BANTUL -- Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, meminta sekolah-sekolah di wilayahnya melakukan penyesuaian-penyesuaian yang dibutuhkan untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) secara penuh yang aman dari penularan COVID-19.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bantul Isdarmoko mengatakan bahwa sejakPTMmulai dilaksanakan pada 3 Januari 2022, dinas memantau penerapan protokol kesehatan di lingkungan sekolah. "Ada beberapa sekolah yang ternyata ketika pulang itu terjadi kerumunan sekali, makanya kita arahkan agar jangan memaksakan PTM seperti kondisi normal. Ini masih adaptasi kebiasaan baru, jadi sekolah juga harus menyesuaikan," katanya, Senin (10/1/2022).

Ia mencontohkan, sekolah-sekolah yang kapasitas ruangan kelasnya tidak memungkinkan untuk menerapkan pengaturan jarak aman antar-siswa saat seluruh siswa masuk juga perlu melakukan penyesuaian. "Yang seperti itu kan tidak mungkin jam 07.00 masuk semua, karena penerapan jaga jarak tidak terpenuhi, makanya bisa diselang waktunya, ada yang masuk jam 07.00, ada 07.30, dan jam 08.00, sehingga waktu pulang tidak terjadi kerumunan," katanya.

Dia mengemukakan bahwa akan lebih baik kalau PTM penuh dilaksanakan secara bertahap berdasarkan kesiapan sekolah.

Baca Juga

Sekolah-sekolah yang sudah siap bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka selama enam jam di sekolah dan sekolah yang belum siap bisa melaksanakan pembelajaran di sekolah dalam waktu kurang dari enam jam.

"Kalau belum siap ya enggak apa-apa, misalnya empat jam pelajaran, karena masih sifenggak apa apa. Jadi kita tetap dorong terus dan kita pantau melalui pengawas sekolah, kemudian kami di struktural juga memantau di sekolah-sekolah," kata Isdarmoko.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


Surabaya Mulai PTM 100 Persen

DPRD DKI: PTM DKI Jakarta Diklaim Berjalan Lancar

Bantul Nihil Kasus Baru Covid-19 dalam Enam Hari Berturut

Jelang PTM di Bandung, Jasa Permak Seragam Ramai Orderan

Hadapi PTM 100 Persen, Polres Ciko Gencar Vaksinasi Anak

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark