Eri: Kader PDIP tidak Boleh Hanya Berteori

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Muhammad Fakhruddin

Eri: Kader PDIP tidak Boleh Hanya Berteori. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi
Eri: Kader PDIP tidak Boleh Hanya Berteori. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi | Foto: Dok Humas

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi tampak hadir mengikuti upacara parayaan ulang tahun PDU Perjuangan yang digelar di kantor DPC PDIP Surabaya. Eri pun turut menyimak pidato Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri secara virtual. Eri menekankan, di momen ulang tahun ini, semangat kader PDIP harus semakin berkobar, yaitu semangat pengabdian membantu masyarakat.

"Kader PDI Perjuangan tidak boleh hanya berteori saja, tetapi bergerak dalam praktik nyata membantu rakyat,” ujar Eri, Senin (10/1).

Praktik yang dimaksud Eri adalah dengan membantu warga yang kesulitan. Ia mencontohkan ketika ada anak kesulitan mengakses pendidikan. Kader PDIP harus bersedia mengawal dan membantu yang nersangkutan mengakses pendidikan.

"Begitu pun kalau ada Balita stunting, dampingi sampai perkembangannya ideal. Ada UMKM butuh pengembangan, dampingi. Kolaborasikan semua, kita saling bantu-membantu demi kemaslahatan umat,” ujar Eri.

Baca Juga

Eri pun berkisah tentang sekolah partai yang diikutinya setelah resmi menjadi kader PDI Perjuangan dam dicalonkan sebagai calon Wali Kota Surabaya pada 2020. Eri menyatakan, sejak awal mendapat amanah berikhtiar maju sebagai calon Wali Kota Surabaya, dirinya mendapat penggodokan serius.

"Mengikuti sekolah calon kepala daerah yang digelar DPP PDI Perjuangan, dengan materi mendalam tentang ideologi bangsa, praktik inovasi kebijakan publik, anti intoleransi, dan sebagainya,” kata Eri.

Dari sekolah partai itulah, Eri mengaku terinspirasi untuk menjalankan berbagai program kerakyatan di Kota Surabaya. Seperti pendidikan-kesehatan gratis, beasiswa, seragam-sepatu gratis untuk pelajar, distribusi makanan gratis untuk warga miskin, kerja menuju zero stunting, pengembangan ruang terbuka hijau, pelayanan berbasis smart city, pengembangan infrastruktur kota, dukungan seni-budaya, dan sebagainya.

"Itu tidak terlepas dari prinsip kerja kerakyatan yang ditanamkan PDI Perjuangan,” ujar Eri.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Tanggapi Elektabilitas Ganjar yang Tinggi, PDIP: Alhamdulillah

PDIP Gelar Bimtek bagi Ribuan Legislator Seluruh Indonesia

PDIP: Peleburan Lembaga Riset ke BRIN Bukan Nihilkan Penelitian

PDIP: Posisi Wakil Menteri Bukan Upaya Jokowi Bagi-Bagi Jabatan

Calon-Calon DKI 1 Disiapkan PDIP Seusai Nyinyiran Hasto untuk Anies

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark