Survei Elektabilitas Bikin Kaget Wali Kota Salatiga

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Muhammad Fakhruddin

Disebut Punya Elektabilitas, Wali Kota Salatiga Kaget (ilustrasi).
Disebut Punya Elektabilitas, Wali Kota Salatiga Kaget (ilustrasi). | Foto: Republika/Bowo Pribadi

REPUBLIKA.CO.ID,SALATIGA -- Wali Kota Salatiga, H Yuliyanto SE MM mengaku tidak pernah menyangka jika namanya bakal muncul di antara jajaran nama kepala daerah maupun politisi yang masuk dalam peta electoral Provinsi Jawa Tengah.

Berdasarkan peta electoral Provinsi Jawa Tengah hasil survei lembaga Charta Politika, nama Wali Kota Salatiga muncul pada hasil survei indikator ‘tokoh yang paling dikenal’ maupun  ‘tingkat elektabilitas’.

“Bahkan kaget juga, karena saya sendiri tahunya juga dari media massa,” ungkap Yuliyanto saat dikonfirmasi di Salatiga, Jawa Tengah, Senin (10/1/2022).

Ia beralasan, selama memimpin Kota Salatiga --hingga periode kedua ini-- hanya mengalir saja dan tidak memiliki motivasi lain yang lebih tinggi, kecuali menjalankan amanah dan memberikan yang terbaik untuk masyarakat Kota Salatiga.

Baca Juga

Bahkan ia juga tidak pernah melakukan komunikasi politik dengan pihak manapun, hingga bisa  namanya masuk dalam ‘radar politik’ di level Provinsi Jawa Tengah, seperti yang dirilis Charta Politika.

“Akhir- akhir ini saya hanya ngomongin bagaimana agar pandemi Covid-19 cepat berlalu, bagaimana agar masyarakat bisa sehat dan ekonominya segera kembali bangkit dan pulih kembali,” jelasnya.

Yuliyanto juga mengakui, masa jabatannya sebagai Wali Kota Salatiga hanya sampai 22 Mei 2022 nanti. Di sisa pengabdian ini tetap akan terus menggenjot jajaran Pemkot Salatiga untuk bekerja secara optimal.

Tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan terus mengupayakan angka kemiskinan turun seperti halnya RPJMD yang disepakati bersama legislatif.

Bahkan ia juga ingin penjabat Wali Kota Salatiga --setelah dirinya purna tugas—tetap melanjutkan program- program yang pro-rakyat dan fokus pada pembangunan manusia mulai dari kesehatan, pendidikan, termasuk ekonomi.

“Karena masyarakat Kota Salatiga ini sangat kreatif, terbukti selama masa pandemi, UMKM di Kota Salatiga justru tumbuh hingga 200 persen,” tegasnya.

Sebelumnya, Charta Politika merilis Peta Electoral Jawa Tengah. Setidaknya ada 12 nama tokoh paling dikenal di Jawa Tengah yang dirilis berdasarkan hasil survei tersebut.

Ke-1 nama tersebut meliputi Gibran Rakabuming Raka, Taj Yasin Maimoen, Hendrar Prihardi, Rustriningsih, Achmad Husein, FX Hadi Rudyatmo, Bambang Wuryanto (Bambang Pacul), Yuliyanto, Yoyok Riyo Sudibyo, Sunarna, Condro Kirono dan Agustina Wilujeng.

Nama Yuliyanto masuk dalam Peta Electoral di Provinsi Jawa Tengah pada indikator tokoh paling dikenal di peringkat ke-delapan dengan skor 1,6 dan indicator tingkat elektabilitas di peringkat ke-tujuh dengan skor 1,5.

 

Terkait


Gabung dengan Parpol, Ridwan Kamil: Saya Istikharah Dulu

SMRC :Tiga Faktor Pemicu Elektabilitas Partai Golkar Naik

Wali Kota Salatiga Ajak Masyarakat Dukung Donor Konvalesen

Walkot Salatiga Wanti-wanti Camat & Lurah Teliti Soal Bansos

Walkot Salatiga Pastikan Penyalur tak Main Harga Oksigen

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark