Kick Off Vaksinasi Booster di DIY Dahulukan Lansia Hingga Guru

Red: Muhammad Fakhruddin

Kick Off Vaksinasi Booster di DIY Dahulukan Lansia Hingga Guru (ilustrasi).
Kick Off Vaksinasi Booster di DIY Dahulukan Lansia Hingga Guru (ilustrasi). | Foto: Republika/Putra M. Akbar

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta berencana melaksanakan kick off vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau booster di Jogja Expo Center pada Kamis (13/1) dengan mendahulukan kalangan lanjut usia (lansia) hingga guru.

Ketua Satgas Percepatan Vaksinasi DIY Sumadi menuturkan telah mendapatkan arahan dari pemerintah pusat mengenai sasaran prioritas vaksin booster. "Arahannya lansia, pelayan publik, tenaga pendidik termasuk guru," kata dia, Selasa (11/1/2022).

Sumadi mengatakan lansia penerima booster adalah yang telah menerima vaksin kedua rentang enam bulan. Lansia diprioritaskan karena menurut dia merupakan golongan masyarakat yang paling rentan terhadap paparan COVID-19. "Itu pun yang sudah memenuhi rentang enam bulan setelah vaksinasi kedua," kata Sumadi.

Meski belum dapat menyebutkan data jumlah penerima vaksin, ia memastikan penerima vaksin booster saat Kick Off di JEC mendatang terdiri atas lansia, pelayan publik, serta tenaga pendidik. "Tenaga pendidik itu termasuk guru, pak kebon, dan yang terkait pendidikan," tutur Sumadi.

Baca Juga

Menurut dia, pemerintah pusat sudah membolehkan vaksinasi booster untuk daerah yang capaian vaksinasi dosis pertama di atas 70 persen dan dosis kedua sudah 60 persen.

Saat ini, capaian vaksinasi di DIY sudah sekitar 98,90 persen untuk dosis pertama, sedangkan capaian vaksinasi dosis kedua 89,71 persen. Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan vaksinasi dosis ketiga dimulai 12 Januari 2022.

Sebanyak 21 juta jiwa masyarakat Indonesia masuk dalam kelompok sasaran vaksinasi boosteratau suntikan dosis ketiga vaksin COVID-19 sebagai penguat antibodi. Vaksin booster, ujar Menkes akan diberikan ke golongan dewasa di atas 18 tahun sesuai dengan rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Luhut: Indonesia Siaga Omicron Saat Keterisian RS Capai 30 Persen

Nambah Satu Kali Vaksin Booster, untuk siapa?

Jokowi Gratiskan Vaksin Dosis Ketiga

Rabu Vaksin Booster Mulai, Satgas: Dahulukan Kabupaten/Kota yang Vaksinnya 70 Persen

Menkes Klaim Stok Vaksin Aman untuk Booster

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark