Rabu 12 Jan 2022 17:40 WIB

Selesai Direnovasi, Lantai Pasar Kotalama Kota Malang tak Becek Lagi

Perubahan ini merupakan jawaban sejumlah permasalahan sebelum penataan dilakukan.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Suasana di Pasar Kotalama Kota Malang usai direnovasi.
Foto: Dokumen.
Suasana di Pasar Kotalama Kota Malang usai direnovasi.

REPUBLIKA.CO.ID, KOTA MALANG -- Proses renovasi Pasar Kotalama di Kota Malang, Jawa Timur, akhirnya selesai dengan baik. Kini pijakan lantai di pasar tersebut tidak lagi menimbulkan becek.

Wali Kota Malang, Sutiaji menyatakan, para pedagang dan pembeli sudah bisa menikmati hasil dari program Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. Pasar Kotalama sendiri direvitalisasi menggunakan anggaran 2021 melalui  Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang.

Sutiaji menyampaikan apresiasi atas kerja keras Diskopindag, serta kerja sama kooperatif pedagang dan berbagai pemangku kepentingan lainnya di Pasar Kotalama. Dengan kerja sama ini, proses penataan pasar berjalan lancar.

Saat ini suasana pasar telah berubah semakin lega, lantai selasar tidak lagi becek dan fasilitas penunjang semakin lengkap. “Alhamdulillah, satu lagi revitalisasi pasar rakyat dirampungkan. Saya harapkan juga dapat terus dipelihara dalam pemanfaatan pasar,” kata pria berkacamata ini di Kota Malang, Rabu (12/1).

Menurut Sutiaji, revitalisasi pasar seluas 1.313 meter persegi yang terletak di Kelurahan Mergosono, Kecamatan Kedungkandang ini mencakup penggantian atap. Kemudian juga termasuk peninggian lantai, pembuatan bedak, dan 123 meja los pedagang.

Juga pembangunan mushala, kamar mandi, dan Tempat Penampungan Sampah (TPS). Perubahan ini merupakan jawaban sejumlah permasalahan sebelum penataan dilakukan.

Sebelumnya, Pasar Kotalama banyak mengalami masalah seperti atap bocor, meja los rusak, saluran air tersendat, dan lantai becek. Lalu ketinggiannya berada di bawah saluran air dan belum tersedia fasilitas musala dan kamar mandi.

Terpisah, Kepala Bidang Perdagangan Diskopindag Kota Malang, Sapto Wibowo menjelaskan, Pasar Kotalama menjadi pasar yang ke-15 yang telah direvitalisasi. Penerima manfaat langsung dari program ini, yakni 93 pedagang.

Selain itu, pengunjung pasar juga bisa mendapat manfaat dari pasar yang semakin nyaman. "Terakhir, kita imbau semua bisa menjaga kebersihan dan ketertiban pasar,” kata dia menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement