Kata dan Frasa yang Sering Muncul di Anime Jepang

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi

Anime musim gugur Jepang, Nagi no Asukara
Anime musim gugur Jepang, Nagi no Asukara | Foto: Animex

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Cara karakter anime Jepang dalam mengucapkan kata atau frasa kadang menjadi hal menarik, terutama bagi penggemar anime. Ucapan-ucapan yang unik hingga lucu yang dikeluarkan oleh karakter anime sering menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemarnya.

Bahkan, banyak penggemar anime yang sering menirukan ucapan dari karakter anime favoritnya pada kehidupan sehari-hari. Republika pun sudah merangkum beberapa kata dan frasa yang sering muncul di anime.

Kata dan frasa ini dapat dipraktikkan di kehidupan sehari-hari untuk menambah khasanah referensi Bahasa Jepang. Beberapa kata dan frasa tersebut diantaranya :

1. Sugoi (すごい)

Sugoi dapat diartikan sebagai 'luar biasa' atau 'hebat'. Bagi pengegamr anime, kata ini sering terdengar ketika karakter terkesan dengan sesuatu.

2. Kawaii (かわいい)

Kawaii dapat diartikan sebagai 'imut' atau 'menggemaskan' dalam Bahasa Indonesia. Kata kawaii sangat sering ditemukan di berbagai anime dengan genre apapun dan kata ini juga sering digunakan dalam budaya Jepang.

Saat karakter anime menyebutkan kata kawaii, artinya menggambarkan apapun yang terlihat imut bahkan yang terlihat lucu.

3. Ureshiii (嬉しい)

Ureshiii dapat diartikan sebagai 'senang' atau 'bahagia'. Kata ini didengar ketika karakter anime merasa senang atau lega.

Contohnya saja saat karakter anime merasa ada orang lain yang tidak suka atau marah kepadanya. Setelah itu, karakter tersebut malah mengetahui sebaliknya dan mengucapkan kata tersebut.

4. Daijobu (大丈夫)

Daijobu diartikan sebagai 'bagus' atau 'oke'. Namun, karakter anime sering menyebutkan kata ini saat mencoba menghibur orang lain.

Sehingga, kata ini sering digunakan dengan cara yang mirip dengan ungkapan 'itu akan baik-baik saja. Sobat Republika juga dapat menggunakan kata ini saat menghibur orang terdekat.

5. Akiramenaide (あきらめないで)

Akiramenaide dapat diartikan 'jangan pernah menyerah'. Akiramenaide merupakan frasa yang biasanya diucapkan oleh karakter anime saat menyemangati seseorang atau karakter lainnya.

6. Yokatta (よかった)

Yokatta dapat diartikan sebagai 'syukurlah' atau juga dapat diartikan dengan 'bagus' atau 'baik'. Ungkapan ini biasanya menggambarkan saat karakter anime merasa bersyukur atas situasi tertentu.

7.Ganbatte (がんばって)

Ganbatte dapat diartikan dengan 'lakukan yang terbaik' atau 'berusahalah'. Frasa ini sangat sering dijumpai dalam anime, terutama anime dengan genre olahraga.

Frasa ini sering diucapkan oleh karakter anime dalam menyemangati sesorang atau mengharapkan keberhasilan seseorang. Karakter lainnya menjadi termotivasi setelah mendapatkan ucapan ini.

8. Ryoukai (りょうかい)

Frasa ini berarti 'ya, saya mengerti'. Ungkapan ini diucapkan karakter anime saat menunjukkan bahwa karakter tersebut paham.

Frasa ini biasanya juga sering didengar ketika salah satu karakter anime akan mengeksekusi permintaan dari karakter lainnya. Misalnya saat karakter dalam anime action yang membalas ucapan karakter lain dengan ryoukai saat diminta untuk melaksanakan suatu misi.

9. Baka (ばか)

Kata baka pasti sudah sangat sering didengar oleh penggemar anime. Kata ini sangat sering muncul di anime dengan genre apapun, yang mana arti baka sendiri yakni 'bodoh'.

Kata ini biasanya diungkapkan dengan cara yang lucu dan digunakan untuk menggambarkan seorang karakter anime sebagai 'bodoh' atau 'idiot'. Kata ini juga sering dikatakan saat karakter anime mencoba mengolok-olok karakter lainnya.

10. Senpai (先輩)

Kata senpai juga menjadi kata yang sudah umum keluar dalam anime. Bahkan, kata ini juga populer karena banyak penggemar anime yang sering menggunakan kata ini dalam kehidupan sehari-hari.

Senpai sendiri berarti 'senior', kata ini sering muncul dalam anime dengan cerita yang berlatar belakang sekolah atau tempat kerja. Kata ini diucapkan oleh karakter anime dalam memanggil orang yang lebih tua atau senior.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


Fantasy Bshoujo Juniku Ojisan To Sub Indo Episode 01 2022

Futsal Boys Sub Indo Episode 01 Terbaru 2022

Demon Slayer Season 2 Tampilkan Awakened Form dari Nezuko

Girls Frontline Sub Indo Episode 01 2022

Karakai Jouzu NO Takagi San Season 3 Sub Indo Episode 01 2022

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark