Dorong Semua Sekolah Ciptakan Ramah Anak

Red: Muhammad Fakhruddin

Dorong Semua Sekolah Ciptakan Ramah Anak (ilustrasi).
Dorong Semua Sekolah Ciptakan Ramah Anak (ilustrasi). | Foto: Gerakan Sekolah Menyenangkan

REPUBLIKA.CO.ID,PEKALONGAN -- Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, terus mendorong semua sekolah negeri dan swasta di daerah itu mampu menciptakan sekolah ramah anak sebagai upaya mendukung predikat "Kota Layak Anak" dari peringkat madya menjadi nindya dan utama.

Wali Kota Pekalongan Afzan Arslan Djunaid mengatakan bahwa hal utama yang perlu ditekankan adalah menumbuhkan niat dan komitmen itu sendiri dari semua pihak khususnya warga sekolah untuk menjadikan sekolah ramah anak.

"Meski sekolah masih ada beberapa kendala dalam sarana dan prasarana namun yang lebih penting adalah menumbuhkan niat dan komitmen itu sendiri sambil melengkapi persyaratan teknis yang belum terpenuhi secara bertahap," katanya, Senin (17/1/2022).

Menurut dia, jika komitmen itu sudah terbentuk maka akan sangat berpengaruh terhadap kualitas kepala sekolah, pengajar, dan murid bersama-sama memiliki tanggung jawab saat sudah mendeklarasikan sekolah ramah anak dan sekolah antiperundungan. "Kami berharap mayoritas sekolah yang sudah mendeklarasikan menjadi sekolah ramah anak dan sekolah antiperundungan (antibullying) dapat mewujudkan semangatnya," katanya.

Baca Juga

Afzan yang akrab disapa Aaf mengingatkan tindakan "bullying ini sering menimbulkan trauma yang berkepanjangan dan hal ini tidak diharapkan oleh siswa di sekolah. Hal ini, kata dia, bukan hanya menjadi tugas dari orang tua dan guru saja tetapi juga para siswa untuk mencegah tindakan perundungan di masing-masing sekolah.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPMPPA) Kota Pekalongan Sabaryo Pramono mengatakan sekolah ramah anak menjadi bagian komponen yang harus dipenuhi untuk mewujudkan suatu kondisi pembelajaran di sekolah yang aman dan ramah bagi anak.

Saat ini, kata dia, jumlah sekolah yang sudah mengikuti evaluasi sekolah ramah anak sebanyak 129 sekolah dari 514 sekolah dan 14 sekolah telah mendeklarasikan diri sebagai sekolah ramah anak, dan sisanya masih melakukan persiapan. .

"Oleh karena itu, pada 2022, kami menargetkan pada poin sekolah ramah anak minimal mencapai 50 persen dari jumlah sekolah di daerah ini. Kami berharap sekolah harus sudah berkomitmen menjadi SRA," katanya.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


Pemkot Sukabumi Target Tuntaskan Vaksinasi Anak 6-11 Tahun 19 Januari

PTM 100 Persen di Kota Bandung Berjalan Bertahap

Membuka Kabut Pendidikan

Pembelajaran Tatap Muka Mulai Diwajibkan

Sejatinya Sekolah Jadi Tempat Nyaman dan Menyenangkan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark