Rabu 19 Jan 2022 21:44 WIB

RSUP Kariadi Jajaki Kerja Sama dengan PKK Jateng

Inovasi klinik virtual penting untuk kewaspadaan dini dan pencegahan penyakit.

RSUP Kariadi Jajaki Kerja Sama dengan PKK Jateng (ilustrasi).
Foto: Antara/Aji Styawan
RSUP Kariadi Jajaki Kerja Sama dengan PKK Jateng (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG -- Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. KariadiKota Semarangmenjajaki kerja sama dengan Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Tengah dalam mengatasi berbagai permasalahan terkait dengan kesehatan masyarakat.

Direktur Umum RSUP dr. KariadiKota Semarang Farichah Hanum di Semarang, Rabu, mengatakan bahwa pihaknya dengan sumber daya yang dimiliki siap bekerja sama dengan kader PKK Jateng, mulai dari penapisanpenyakit, termasuk penyakit keganasan, mengatasi tengkes, hingga bina lingkungan.

Baca Juga

"Khusus 'stunting' (tengkes) kami memiliki tim tumbuh kembang, dokter anak, ahli gizi, psikolog, psikiater. Jadi, kami siap untuk mendukung program penurunan 'stunting', dan tentunya program lainnya, baik bina lingkungan, edukasi, maupun promosi," katanya saat beraudiensi dengan Ketua TP PKK Provinsi Jateng Siti Atikoh Ganjar Pranowodi Rumah Dinas Gubernur Jateng.

Dalam kesempatan tersebut, Hanum mendorong layanan di Klinik Kosmetika Terpadu Gardenia agar masyarakat datang ke rumah sakit tidak hanya karena sakit, tapi ada layanan lainnya.

 

Layanan di rumah sakit tersebut dilengkapi dengan klinik virtual semacam "telemedicine" untuk mengatasi kendala jarak bagi mereka yang ingin berobat atau konsultasi.

"Kami juga ada klinik eksekutif, di mana aksesnya tidak hanya untuk masyarakat umum atau privat, tapi juga peserta JKN atau yang dikenal BPJS Kesehatan," ujarnya.

Salah satu layanan di Klinik Gardenia itu adalah layanan mengatasi kebotakan dengan metode "platelet rich plasma" (PRP) yang merupakan inovasi teruji secara medis.

Ketua TP PKK Jateng Siti Atikoh Ganjar Pranowo menyambut baik kerja sama yang ditawarkan sekaligus mengapresiasi inovasi yang dilakukan RSUP dr. Kariadi, salah satunya dalam mengatasi kebotakan sebab hal tersebut dapat meningkatkan kepercayaan diri.

"Kalau ada pendekatan medis yang bisa mengatasi itu, bagus, akan menambah percaya diri, dan produktivitasnya juga akan makin tinggi," katanya.

Menurut Atikoh, inovasi klinik virtual penting untuk kewaspadaan dini dan pencegahan penyakit, apalagi tidak sedikit orang yang memilih untuk mencari tahu penyakitnya berdasarkan keluhan, dengan mesin pencari, kemudian mendiagnosis dan mencari obat sendiri.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement