Kelas Unggas UMM Ajarkan Manajemen Krisis Bisnis Ayam Petelur

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Muhammad Fakhruddin

| Foto:

REPUBLIKA.CO.ID,MALANG -- Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) telah menyiapkan berbagai skema pelatihan bersama dunia usaha. Salah satunya melalui Kelas Professional Unggas (KPU) dengan mengadakan pelatihan manajemen krisis bisnis ayam ras petelur bersama Perseroan Terbatas (PT) Jatinom Indah Farm (JIF). 

Salah satu perwakilan dari PT JIF, Sigit Prasetyo mengatakan, pelatihan ini berupaya mendorong para lulusan sarjana peternakan agar semakin siap bekerja di dunia Industri. Sebanyak 20 peserta kelas unggas yang sebelumnya mendapatkan pelatihan, kini kembali diikutsertakan dalam program manajemen krisis ini. Para peserta akan dididik langsung oleh pihak industri sehingga bisa membangun mental yang tangguh. 

"Selain itu, juga bisa terbiasa dengan ritme kerja yang ada di lapangan nantinya,” ungkap Instruktur pelatihan manajemen krisis tersebut, dalam siaran pers yang diterima Republika, Rabu (19/1/2022).

Sigit mengatakan, program tersebut dilakukan dengan sistem student center learning. Peserta diberikan beberapa contoh kasus krisis yang pernah terjadi di Indonesia mulai 1960-an hingga 2021. Hal itu akan membantu para peserta untuk memahami apa yang sedang terjadi pada saat krisis tersebut dan bagaimana cara untuk mengatasinya.

Baca Juga

Menurut Sigit, masyarakat pada dasarnya harus mampu mengukur napas saat berbisnis. Tidak ada boleh ada rasa gengsi dalam berbisnis. Untuk mendorong bisnis selalu berkembang, dia berharap para peserta dapat mengupayakan hal baru setiap saat.

Salah satu peserta pelatihan, Rizqi Baldan Thoyiban, mengaku, mendapat banyak pengalaman lapangan selama menjalani program magang di PT JIF. Magang ini turut memberinya berbagai ilmu baru mengenai manajemen krisis bisnis ayam seperti pengelolaan uang, waktu, dan pakan. "Ketiganya harus disesuaikan agar bisnis yang berjalan bisa terus konsisten," ucapnya.

Meskipun pelatihan hanya berlangsung beberapa jam, pelatihan ini mampu membuka pengetahuannya mengenai berbagai kendala di bisnis ayam ras petelur dari tahun 60an. "Semoga dalam membuka bisnis, kami mampu menerapkan ilmu-ilmu yang diterima dalam proses magang enam bulan ini,” kata mahasiswa jurusan Peternakan UMM tersebut. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


UMM Kaji Digital Citizenship dan Pancasila

Wisudawan UMM Pelopori Penggunaan Produk Ramah Lingkungan

PMM UMM Manfaatkan Buah Naga untuk Membuat Boba

Mahasiswa UMM Menangi Ajang Dramatical Reading

UMM Buka Kelas Profesional Essential Oil

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark