Dishub Kediri Operasionalkan Kembali Bus Sekolah

Red: Muhammad Fakhruddin

Dishub Kediri Operasionalkan Kembali Bus Sekolah (ilustrasi).
Dishub Kediri Operasionalkan Kembali Bus Sekolah (ilustrasi). | Foto: Prayogi/Republika.

REPUBLIKA.CO.ID,KEDIRI -- Dinas Perhubungan Kota Kediri, Jawa Timur, mengaktifkan kembali operasional bus sekolah setelah sebelumnya sempat nonaktif menyusul kebijakan pembelajaran tatap muka (PTM) yang aktif 100 persen.

"Bus sekolah ini sudah beroperasi kembali. Protokol kesehatan juga diterapkan. Bagi para penumpang kami wajibkan untuk memakai masker. Selain itu kami juga sediakan handsanitizer serta alat pengecek suhu tubuh di masing-masing armada," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Kediri Didik Catur di Kediri, Kamis (20/1/2022).

Ia mengatakan operasional bus sekolah sebenarnya mulai sejak Oktober 2021 saat pandemi sudah lebih terkendali. Namun, kini operasional lebih optimal sebab saat ini sekolah pun sudah menerapkan PTM 100 persen.

Ia juga menambahkan, para pelajar juga memanfaatkan operasional bus sekolah gratis ini. Bahkan, karena animo yang tinggi, pihaknya berencana untuk menambah armada.

Baca Juga

"Armada kami ada tiga bus ukuran tiga per empat. Dengan antusias yang sangat tinggi ini kami berusaha membuat usulan untuk menambah armada sehingga semakin banyak peserta didik yang terakomodasi," kata dia.

Didik juga mengatakan untuk jalur bus sekolah ada tiga rute meliputi Kota Kediri bagian timur, tengah dan barat. "Rute trayek pertama melalui Terminal Tamanan dan berakhir di Jalan Merbabu (Kelurahan Dermo), rute trayek dua melalui Pasar Bawang dan Jalan Sersan Suharmadji (Kelurahan Manisrenggo), dan rute trayek tiga melewati terminal Tamanan dan Kelurahan Blabak. Itu untuk berangkatnya, nah untuk rute pulangnya sama tapi kebalikannya dari masing-masing rute trayek," kata dia.

Terkait dengan jam berangkat dari bus sekolah itu, Didik mengatakan sesuai dengan jam sekolah. Untuk jam berangkat mulai pukul 06.00 WIB dan jam jemput siang, karena ada dua kloter pembelajaran maka menjemput pukul 10.00 WIB dan 12.00 WIB.

Sementara itu, Delvi, siswi kelas IX, SMPN 8 Kota Kediri mengatakan bahwa dirinya senang bisa naik bus sekolah. Ia juga bisa menyimpan uang saku. "Kalau naik bus lebih irit, apalagi ini gratis. Selain itu juga jalanan sekarang kan ramai, jadi agak takut juga kalau berkendara sendiri. Di bus juga lebih aman dan nyaman," kata pelajar asal kelurahan Dermo tersebut.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


PTM Saat Omicron Melonjak, Kemendikbud Klaim Berpegangan pada 2 Aturan

Walau Sudah Vaksin, PTM Harus Prokes Ketat

PTM di MAN Malang Dihentikan, Walkot: Jangan Abai Prokes

PTM di Jakarta Tetap Berlangsung Berdasar Rekomendasi Puskesmas atau Dinkes

Wagub DKI: 28 Sekolah Kembali Pembelajaran Tatap Muka 100 Persen

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark