Kamis 20 Jan 2022 18:02 WIB

Kanwil DPJ Jateng II Inisiasi Penguatan Kesadaran Pajak Calon Perwira

Peran pajak sangat penting dalam kehidupan bernegara.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Yusuf Assidiq
Membayar pajak (ilustrasi).
Foto: Republika/Agung Supri
Membayar pajak (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Jawa Tengah II menginisiasi program penguatan kesadaran pajak bagi calon perwira. Inisiasi itu dibahas saat kunjungan Kepala Kanwil DPJ Jateng II, Slamet Sutantyo, bersama rombongan ke Akademi Militer (Akmil) di Magelang pada Rabu, (19/1).

Kunjungan  dilaksanakan dalam rangka audiensi membahas sinergitas antara Kanwil DJP Jawa Tengah II dengan Akmil. Rombongan diterima oleh Gubernur Akmil Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Legowo WR Jatmiko beserta segenap jajaran pejabat Akmil.

Dalam audiensinya, Slamet menyampaikan maksud kedatangannya untuk menginisiasi beberapa program penguatan kesadaran pajak bagi para calon perwira yang menjalani pendidikan di Akmil. "Kami sampaikan jika berkenan kami ingin mengadakan program Tax Goes To Campus (TGTC) yang merupakan bagian pengenalan pajak bagi para taruna," kata Slamet, Kamis (20/1).

Menurut Slamet, penting bagi para taruna yang nantinya akan menjadi calon pemimpin bangsa untuk ditanamkan semangat sadar pajak sejak dini. Sebab, peran pajak sangat penting dalam kehidupan bernegara.

"Selain itu, kami juga memiliki program inklusi kesadaran pajak yang intinya adalah menyisipkan semangat sadar pajak pada mata kuliah tertentu, sebagai komitmen mengedukasikan manfaat pajak kepada seluruh elemen masyarakat," jelasnya.

Selanjutnya, dia menyampaikan informasi mengenai penyampaian SPT Tahunan yang sudah memasuki waktunya serta Program Pengungkapan Sukarela (PPS) yang sedang berjalan. "Untuk SPT Tahunan sudah dapat disampaikan, kami harap atas kepatuhan yang sudah Bapak Gubernur laksanakan selama ini dapat menjadi panutan bagi masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Brigjen Legowo mengatakan mendukung program dari Kanwil DJP Jateng II. "Saya siap mendukung terlaksananya kegiatan ini, nanti kami selenggarakan TGTC kepada para taruna tingkat empat yang hendak lulus," tegas jenderal bintang satu tersebut.

Sinergi ini dapat memberikan kontribusi positif terhadap kesadaran pajak masyarakat. "Pada intinya kami pun menyadari pentingnya pajak. Sehingga saya juga ucapkan terima kasih kepada Pak Slamet sudah berkunjung ke kami. Ini salah satu bentuk sinergi dan perhatian yang dipercayakan kepada kami," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement