Antisipasi Lonjakan Covid-19, Pemkab Semarang Siagakan Isoter

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq

Virus Covid-19 (ilustrasi)
Virus Covid-19 (ilustrasi) | Foto: Pixabay

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Semarang menyiagakan tempat isolasi terpusat (isoter) guna mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 di daerahnya. Seperti halnya langkah-langkah yang diambil oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang, daerah aglomerasi ini juga mengupayakan antisipasi menyusul terdeteksinya varian baru Omicron.

Bupati Semarang, Ngesti Nugraha mengatakan, langkah antisipasi terus diupayakan kendati penambahan kasus baru Covid-19 di wilayah Kabupaten Semarang masih cukup terkendali. "Data per 22 Januari 2022 kemarin, hanya ada penambahan satu kasus baru di Kabupaten Semarang, tepatnya di Kecamatan Bawen," ungkapnya, di Ungaran.

Sehingga terhitung sampai dengan akhir pekan kemarin, akumulasi jumlah kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Semarang ada lima orang. Dua pasien di antaranya masih dirawat di rumah sakit dan tiga pasien lainnya masih melaksanakan isolasi mandiri (isoman).

Bupati juga menyampaikan, dari 19 tempat tidur ICU (di beberapa rumah sakit) yang dipersiapkan, hingga saat ini baru terisi dua tempat tidur. Sehingga masih tersisa 17 tempat tidur. "Artinya BOR tempat tidur untuk ICU yang disiapkan, saat ini berada di angka 10,5 persen," jelas bupati.

Sedangkan untuk lima tempat tidur IGD khusus Covid-19 yang dipersiapkan, belum terisi semua, demikian halnya dengan 73 tempat tidur isolasi di rumah sakit juga masih kosong.

"Sementara untuk 126 tempat tidur isoter ( Bapelkes Siwakul dan Hotel Garuda Kopeng) sampai saat ini juga belum terisi atau masih kosong," tegasnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Hadapi Puncak Omicron, Satgas Pastikan Ketersediaan Tempat Karantina

Kemenkes: Omicron Melonjak, Isolasi Mandiri Bakal Diberlakukan 

Percepat Vaksinasi Booster, Pemkab Semarang Kejar Vaksinasi Anak

Kabupaten Semarang Persiapkan Vaksinasi Booster

Pakar Bagi Kiat Aman Isolasi Mandiri Pasien Omicron

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark