Sultan HB X Yakin Pemulihan Ekonomi di DIY Berlanjut

Red: Muhammad Fakhruddin

Sultan HB X Yakin Pemulihan Ekonomi di DIY Berlanjut (ilustrasi).
Sultan HB X Yakin Pemulihan Ekonomi di DIY Berlanjut (ilustrasi). | Foto: Wihdan Hidayat / Republika

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X meyakini pemulihan ekonomi di wilayahnya masih terus berlanjut pada 2022 dengan mendorong peningkatan mobilitas manusia melalui kegiatan pariwisata maupun pendidikan.

"Ini adalah sebuah tantangan mengingat saat ini pandemi belum turun level menjadi endemi," kata Sultan dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Daerah Triwulan IV Pemda DIY di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Selasa (25/1/2022).

Ia menyadari tantangan yang dihadapi DIY ke depan tidak hanya pandemi tetapi juga ketidakpastian ekonomi global dan berkurangnya stimulus pemerintah secara bertahap pada 2022 yang akan berpengaruh pada daya beli masyarakat.

Meski demikian, menurut dia, BI telah memproyeksikan pada tahun 2022 ekonomi akan tumbuh pada level moderat pada kisaran proyeksi 4,8 persen hingga 5,8 persen. Akselerasi tersebut, ujar Sultan, akan bergantung pada efektivitas pengelolaan risiko pandemi COVID-19 di mana gelombang ketiga mungkin saja terjadi.

Baca Juga

Sesuai saran Epidemiologi UGM dr Riris Andono, mobilitas populasi tetap perlu dikendalikan sesuai level PPKM. "Meningkatkan cakupan vaksinasi yang telah mencapai 99,6 persen pada awal Tahun 2022 ini, dan tetap menaati protokol kesehatan pada semua lini," kata Sultan.

Sri Sultan mengungkapkan berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), perekonomian DIY triwulan III 2021 tumbuh sebesar 2,30 persen. Pertumbuhan ini didukung oleh sektor-sektor kemajuan pengerjaan proyek strategis nasional, pembangunan Jalan Jalur Lintas Selatan yang mendukung pencapaian pertumbuhan investasi, menguatkan adaptasi digital masyarakat dan membaiknya perekonomian global.

"Pertumbuhan ekonomi DIY tersebut berdampak pada ketenagakerjaan. Tingkat partisipasi angkatan kerja DIY sebesar 73,52 persen yang meningkat dibandingkan 2020," tutur Sultan.

sumber : ANTARA
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 

Terkait


Luhut Nyatakan Fokus pada Investasi

Travel Bubble Batam-Bintan-Singapura Dibuka dengan Prokes Ketat

Pemerintah Mulai Buka Travel Bubble Indonesia-Singapura

Kesejahteraan Indonesia: Sudah Nyata atau Masih Cita-Cita?

PHRI Pastikan Hotel di Danau Toba Siap Hadapi W20 Summit

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark