Rabu 02 Feb 2022 06:12 WIB

Bandara Adisutjipto Mulai Alami Peningkatan Jumlah Penumpang

Saat ini Terminal A Bandara Adisutjipto yang lebih luas kembali dioperasikan.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Muhammad Fakhruddin
Bandara Adisutjipto Mulai Alami Peningkatan Jumlah Penumpang (ilustrasi).
Foto: Republika/ Wihdan
Bandara Adisutjipto Mulai Alami Peningkatan Jumlah Penumpang (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Bandara Adisutjipto Yogyakarta mulai mengalami peningkatan jumlah penumpang. PT Angkasa Pura (AP) I (Persero) mencatat sebanyak 140.011 penumpang pesawat udara dan 3.125 pesawat udara telah terlayani di Bandara Adisutjipto sepanjanh 2021. 

"Setelah sempat mengalami penurunan jumlah penumpang yang sangat drastis pada Juli 2021 karena pemberlakuan kebijakan PPKM darurat, jumlah penumpang dan pesawat udara yang terlayani di Bandara Adisutjipto mengalami pertumbuhan signifikan pada semester kedua 2021," kata Direktur Utama AP I Faik Fahmi dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (1/2/2022). 

Baca Juga

Faik merinci, rata-rata pertumbuhan penumpang bulanan pada semester kedua hingga 82,6 persen. Lalu rata-rata pertumbuhan bulanan jumlah pesawat udara pada semester kedua 2021 hingga 50 persen.

Bahkan, kata dia, jumlah penumpang yang terlayani pada semester kedua 2021 mengalami pertumbuhan dibandingkan jumlah di semester pertama. "Pertumbuhanmya 79.398 penumpang berbanding berbanding 60.613 penumpang atau tumbuh 31 persen," tutur Faik. 

 

Untuk itu, saat ini Terminal A Bandara Adisutjipto yang lebih luas kembali dioperasikan setelah semenjak pandemi hanya menggunakan Terminal B. "Dengan area yang lebih luas dan kapasitas boarding area yang lebih besar, tentunya Terminal A dapat lebih mengakomodir tren pertumbuhan penumpang yang terjadi di Bandara Adisutjipto," ungkap Faik. 

Selain itu, Terminal A bandara tersebut juga dilengkapi dengan delapan parking stand pesawat yang akan memudahkan pengoperasian sisi udara. Selain itu juga parkir kendaraan yang luas. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement